Mobil Sedan Corolla, Mobil Compact Rasa Sporty

Dalam menghadapi persaingan bisnis di dunia otomotif yang semakin ketat, Toyota membuat gebrakan baru pada desain mobil sedan Corolla dengan tampilan yang lebih agresif. Mobil ini dirancang agar memiliki lebih banyak space, jarak tempuh yang lebih besar, dan konektivitas yang lebih canggih. Meski memiliki tampilan luar yang begitu tangguh, mobil ini tidak termasuk ke dalam kelas sport, melainkan di kelas compact.

mobil-sedan-corolla.jpg

Kelebihan :

  • Merupakan mobil Toyota yang handal
  • Memiliki ruang gerak yang cukup banyak
  • Hemat bahan bakar

Kekurangan :

  • Membutuhkan power yang lebih banyak
  • Memerlukan perawatan interior yang rutin

Dua tahun yang lalu, Toyota menghadapi persaingan sengit di kelas mobil menengah dari Camry. Hari ini, versi Toyota Corolla bahkan akan mendapatkan tantangan yang lebih keras untuk mobil di kelas compact. Seperti kita tahu, Ford Focus, Hyundai Elantra, dan Chevrolet Cruze telah mematenkan standar baru untuk mobil sporty milik mereka. Jadi sekarang lah saatnya bagi Toyota untuk mengeluarkan mobil compact bercita rasa khasnya sendiri. Oleh sebab itulah, mobil sedan Corolla hadir di tahun 2014 ini dan menjawab tantangan para pesaingnya.

Model Lineup

mobil-sedan-corolla-satu.jpg

Mobil Toyota Corolla 2014 hadir dengan empat level trim yaitu L, LE, LE Eco, dan S. Keempat trim ini juga memiliki level tambahan berupa Plus dan Premium.

Perlengkapan standar pada level L meliputi lampu LED dan lampu tambahan untuk dipakai di siang hari. Mobil ini juga dilengkapi dengan konektivitas bluetooth, 8 buah airbag (termasuk airbag pada kaki pengemudi dan bantalan kursi depan penumpang), jok kain, AC, kunci pintu dan jendela, port USB, radio AM/FM, sistem audio CD, serta steel wheels ukuran 15 inci.

Level LE menambahkan remote pintu, pengontrol suhu otomatis, cruise control, kamera spion, perangkat multimedia touchscreen ukuran 6.1 inci, serta steel wheels ukuran 16 inci. Sedangkan untuk level LE Eco sendiri memiliki fasilitas yang hampir sama dengan level LE. Cuma perangkat yang ditanamkan memilki kualitas yang lebih baik dan kinerja mesinnya pun lebih efisien.

Untuk level S, dilengkapi dengan pegas, fascia depan yang unik, rear spoiler, paddle shifter, dan mode transmisi kelas sport. Selain itu, kemudinya juga dilapisi kulit dengan tambahan TFT instrument display, lampu kabut, dan velg 17 inci.

Level LE tidak memiliki velg dan lampu kabut, sedangkan LE Premium memilikinya dengan tambahan kursi vinil. Sementara itu, LE Eco Plus dan Eco Premium hadir dengan fitur yang mirip dengan LE Plus dan LE Premium, ditambah beltline krom dan mode Eco Drive. Dan untuk S Plus dilengkapi dengan velg alloy 17 inci dan rem cakram belakang. Tambahan kursi vinil bisa dijumpai di level S Premium.

Meskipun memiliki banyak variasi, semua versi mobil sedan Toyota ini menawarkan kenyamanan berkendara dengan kualitas multimedia paling canggih.

Spesifikasi Mesin

spesifikasi-mobil-sedan-corolla.jpg

Toyota Corolla 2014 dijalankan dengan mesin utama berupa carryover 1.8-liter 4-cylinder yang mampu menghasilkan 132 Hp dan torque sebesar 128 lb-ft. Mesin dual-overhead cam ini memiliki timing variable-valve yang ada pada semua tipe mobil sedan ini kecuali satu trim, yakni LE Eco. Pada LE Eco, pembeli akan mendapatkan versi yang menambahkan valve-matic variabel up untuk intake-valves, di mana ini akan menghasilkan tenaga yang lebih baik dan otomatis menghemat bahan bakar. Bahkan tenaga yang dihasilkan mencapai 140 Hp dan torce sebesar 126 lb-ft. Adapun transmisi dasarnya adalah 6-speed manual. Sedangkan level L ditawarkan dengan transmisi model lama yaitu 4-speed otomatis. Sementara itu, level LE dan S dilengkapi dengan transmisi variabel otomatis terbaru.

Peringkat EPA (Environmental Protection Agency) untuk Corolla adalah 28 mpg city/37 mpg highway dengan transmisi manual, 27/36 mpg untuk L dengan 4-speed otomatis, 29/38 mpg untuk LE, 29/37 mpg untuk S dengan CVT, 30/40 mpg untuk L Eco dengan roda 16 inci, dan 30/42 mpg untuk LE Eco dengan roda 15 inci.

Desain Interior Mobil

interior-mobil-sedan-corolla.jpg

Modifikasi dan konektivitas interior telah berkembang secara signifikan sejak desain versi Corolla terakhir yang diluncurkan pada 2008. Perubahan ini juga membuktikan bahwa Toyota mampu bersaing dengan vendor mobil terbaik di kelas compact.

Dashboard mobil Corolla memiliki tata letak horisontal bernuansa baru, sehingga menciptakan ruang gerak yang lebih banyak sekaligus mempermudah kita saat menggunakannya. Dashboard bagian atas terbuat dari bahan yang sangat lembut, namun semua panel pintu yang digunakan terbuat dari plastik kecuali untuk beberapa sudut empuk di mana pengendara bisa menaruh siku mereka di sana.

Sayangnya, Corolla tidak terlalu bersaing pada konektivitas yang ada di dalamnya. Bluetooth dan port USB yang digunakan masih terlihat standar. Pengendara bisa memainkan sistem infotainment Entune menggunakan layar sentuh sebesar 6,1 inci. Pengendara bisa menghubungkan sistem navigasi multimedia di mobil ini dengan perangkat smartphone miliknya. Ada tujuh aplikasi yang tersedia di layar touchscreen ini, yaitu mesin pencari Bing, Facebook Places, Pandora, Yelp, Radio HD, serta aplikasi yang menampilkan indeks harga saham, skor pertandingan olahraga, harga BBM, serta informasi lalu lintas dan cuaca. Beberapa vendor pesaing juga menawarkan sistem multimedia serupa, namun Entune memiliki kelebihan yaitu sistemnya yang lebih mudah digunakan.

Corolla juga kompetitif dari segi kenyamanan dan ruang gerak dibandingkan dengan mobil sedan yang lain. Hal ini dikarenakan posisi kursi yang dipakai lebih tegak. Sementara itu kursi depan memiliki lebih banyak ruang yang tersedia. Sebuah wheelbase panjang ditambahkan pada kaki belakang. Kursi belakang memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada kursi depan.

Ketangguhan di Jalan Raya

ketangguhan-mobil-sedan-corolla.jpg

Toyota Corolla sedan terbaik 2014 tampil lebih besar dari seri sebelumnya. Penambahan panjangnya adalah 2,5 inci dan lebar 0,3 inci, serta wheelbase 3,9 inci. Toyota telah membuat beberapa perbedaan yang lebih baik pada efek ride and handling-nya, penambahan tunnel dan rear pada bagian belakang, dan tuning suspensi depan. Kemudi yang digunakan juga sudah dibantu menjadi listrik, bukan hidrolik lagi.

Kesemuanya ini membuat mobil Corolla menjadi mobil yang penuh dinamika dan tangguh. Mobil ini juga sebenarnya memiliki ukuran yang relatif kecil jika dibandingkan dengan mobil yang lainnya, sehingga mudah bermanuver di jalan yang sempit.

Performa mesin mobil Corolla semakin bergerak ke arah mobil yang hemat energi ketimbang kehandalan mesin. Sedangkan untuk performa level LE Eco menawarkan sedikit lebih banyak kekuatan berkat valve-matic variabel yang dimilikinya.

Tepat untuk Anda?

mobil-sedan-corolla-terbaik.jpg

Mobil di kelas compact secara umum telah dirancang untuk hemat energi saat dikendarai. Mungkin mobil ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang menginginkan mobil sporty yang hemat bahan bakar.