3 Perbedaan Karya Tulis Biografi dan Autobiografi

Dalam ilmu tata bahasa, dikenal istilah biografi dan autobiografi. Sebenarnya, apa sih maksud dan tujuan keduanya? Apa pula perbedaan antara karya biografi dan karya autobiografi?

perbedaan-biografi-dan-autobiografi.jpg

Long Walk to Freedom oleh Nelson Mandela

Di bawah ini akan kami kupas secara lengkap apa itu biografi dan autobiografi, serta apa pula perbedaan keduanya.

  1. Biografi menceritakan tentang kehidupan seseorang yang diungkapkan oleh orang lain. Sementara autobiografi menceritakan kehidupan seseorang yang diungkapkan oleh dirinya sendiri.
  2. Pada umumnya, biografi ditulis oleh orang ketiga. Sedangkan autobiografi merupakan tulisan orang pertama.
  3. Judul pada karya tulis biografi mencantumkan nama tokoh yang akan dibahas. Sebaliknya, judul pada karya tulis autobiografi bersifat bebas, bisa mencantumkan nama maupun tidak.

Dari poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa biografi adalah suatu karya tulis yang menceritakan perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain dan biasanya merupakan penyempurnaan dari karya biografi terkait. Sementara itu, autobiografi adalah suatu karya tulis yang menceritakan perjalanan hidup seseorang yang ditulis langsung oleh dirinya sendiri. Walaupun begitu, pembuatan karya tulis autobiografi boleh dibantu oleh seorang asisten penulis dengan catatan harus mencantumkan namanya pada kolom pengarang.

Contoh-contoh karya tulis biografi yang terkenal antara lain John Adams oleh David McCullough, Steve Jobs oleh Walter Isaacson, dan Team of Rivals: The Political Genious of Abraham Lincoln oleh Doris Kearns Goodwin. Sedangkan contoh autobiografi terkenal yaitu Long Walk to Freedom oleh Nelson Mandela, The Diary of a Young Girl oleh Anne Frank, dan Night oleh Ellie Wiesel.