5 Perbedaan Cinta dan Sayang yang Sebenarnya

Menurut KBBI, cinta dan sayang adalah dua kata yang saling bersinonim. Cinta bisa diartikan sayang, begitupun sayang bisa bermakna cinta. Adapun terjemahannya adalah (perasaan) suka sekali.

Akan tetapi, jika diartikan secara nalar, antara cinta dan sayang mengandung makna yang agak berbeda. Apakah itu?

perbedaan-cinta-dan-sayang.jpg

Simbol Cinta

1. Sifat

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa cinta bersifat sementara. Bisa saja ketika seseorang yang dicintai melakukan hal-hal yang membuat ilfeel, maka keesokan harinya perasaan cinta tersebut hilang. Makanya, ada ungkapan cinta abadi, di mana seseorang bisa mempertahankan perasaan cintanya hingga akhir hayat. Sebaliknya, perasaan sayang bersifat abadi. Mau bagaimanapun perilaku seseorang yang disayangi, maka selamanya akan tetap sayang. Contohnya adalah perasaan sayang seorang bunda kepada anak-anaknya.

2. Asal

Cinta adalah sebuah perasaan seseorang, layaknya gembira, sedih, ataupun marah. Oleh karena itu, kadang-kadang perasaan cinta ini dikotori dengan nafsu. Sedangkan sayang berasal dari hati nurani. Sayang adalah suatu perasaan murni yang tidak bercampur dengan perasaan apapun.

3. Tanda

Tanda kita mencintai seseorang adalah apabila kita merasakan ingin memiliki orang tersebut seutuhnya. Sehingga, di dalam diri kita muncul suatu perasaan takut kehilangan dirinya. Sedangkan, ketika anda merasakan sayang kepada orang lain, maka muncul suatu perasaan ingin melindungi dan mengasihi. Perasaan-perasaan ini mampu membuat anda sangat bahagia ketika mewujudkannya.

4. Pelaku

Seseorang harus saling mencintai agar perasaan cinta yang ada tetap terasa. Jika salah satu dari orang tersebut tidak memiliki perasaan cinta, maka bukan tidak mungkin cinta tersebut bisa berubah menjadi benci. Sementara itu, perasaan sayang bisa dimiliki oleh salah seorang saja tanpa mengharapkan timbal balik. Misalnya apabila anda menyangi si A, maka tanpa si A menyayangi anda pun perasaan sayang ini tetap ada.

5. Bukti

Bukti dari perasaan cinta adalah rela berkorban dalam segala hal, ingin selalu dekat, tidak mau dipisahkan, saling memahami, dan tindakan-tindakan pendekatan lainnya. Akan tetapi, kebanyakan perbuatan tersebut dilakukan untuk menyenangkan orang yang dicintai. Sementara itu, bukti sayang adalah kepedulian, perhatian, selalu mengerti, dan masih banyak lagi. Tindakan-tindakan sayang ini akan selalu dilakukan bagaimanapun keadaannya karena membuat pelakunya pun turut merasakan kebahagiaan.