6 Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Apa perbedaan antara laptop, notebook, dan netbook? Perkembangan dunia teknologi terbilang sangat pesat. Salah satu produk teknologi yang paling mempengaruhi kehidupan manusia adalah komputer. Setelah tercipta model perangkat komputer berbentuk dekstop, kebutuhan akan perangkat mobile pun mendorong dikembangkannya model komputer jinjing.

Menurut tujuan awal pembuatannya, komputer jinjing dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu netbook, notebook, dan laptop. Akan tetapi, karena ketiga model komputer jinjing ini memiliki bentuk fisik yang saling mirip, banyak orang yang akhirnya kesulitan untuk membedakan mana yang laptop, mana yang notebook, dan mana pula yang netbook.

perbedaan-laptop-notebook-netbook.jpg

Laptop

Baiklah, perbedaan laptop, notebook, dan netbook akan kami ulas secara lengkap berikut ini :

Fungsi Awal

Menurut fungsi awalnya, netbook diciptakan sebatas untuk mempermudah penggunanya mengerjakan dokumen ringan, berselancar ria di jaringan internet, melakukan aktifitas chatting di social media, dan memutar lagu ataupun film. Sedangkan, penciptaan notebook ditujukan untuk mendukung aktifitas pengguna yang bersifat mobile, termasuk tetap bisa bekerja menjalankan software berat sekalipun di mana saja dengan nyaman. Selanjutnya, laptop muncul untuk menyempurnakan fungsi awal dari perangkat notebook tadi.

Ukuran

Ukuran netbook, notebook, dan laptop memang memiliki selisih perbedaan yang sangat jelas. Netbook adalah perangkat komputer jinjing yang berukuran 7-12 inch dengan bobot sekitar 1 kg tergantung ketebalannya. Ukuran notebook lebih besar lagi, yakni mencapai 12-18 inch dengan bobot lebih dari 1 kg. Komputer jinjing yang memiliki bentang layar lebih lebar dari 18 inch bisa disebut sebagai laptop.

Dapur Pacu

Karena digunakan untuk mendukung aktifitas yang ringan, maka spesifikasi netbook pun terbilang pas-pasan. Namun dari hal tersebut, konsumsi daya baterai pada netbook terbilang lebih awet. Sementara itu, isi jeroan laptop dan notebook pada dasarnya mirip karena memang keduanya sama-sama diciptakan untuk mengadopsi kegunaan komputer dekstop. Tak heran, spesifikasi yang menyusunnya pun terbilang lebih canggih.

I/O Device

Input and output device berguna untuk memaksimalkan fungsi suatu perangkat dengan penambahan perangkat tertentu. Pada umumnya, device di netbook hanya bisa dihubungkan melalui port USB (Universal Serial Bus) karena desainnya dibuat seringkas mungkin. Sementara itu, pada notebook dan laptop, anda bisa menambahkan perangkat baru melalui sambungan lewat port USB, optical drive, bahkan jaringan wireless sekalipun.

Performa

Performa suatu perangkat komputer memang bergantung pada komponen-komponen penyusunnya. Namun jika dirata-ratakan, kemampuan notebook dan laptop jauh lebih handal ketimbang netbook. Masih okelah jika anda membuat suatu dokumen teks lewat komputer netbook. Akan tetapi, jika ingin mengolah grafis maupun dokumen berat lainnya, anda membutuhkan laptop dan notebook.

Harga

Berbeda isi dan performanya, tentu saja berbeda pula harganya. Ingat, sebagai pembanding kita menggunakan harga perangkat baru, bukan barang bekas pakai maupun produk palsu. Secara garis besar, harga netbook berkisar antara Rp 3-5 juta. Sedangkan harga notebook dan laptop lebih mahal, yaitu Rp 5 juta ke atas.