9 Perbedaan antara HTC One M9 dan One M8

Sejatinya, HTC One M9 dan HTC One M8 memiliki desain yang sama persis. Bahkan kedua smartphone besutan vendor HTC ini dapat dikatakan kembar identik sebab cukup sulit menemukan perbedaannya. Meskipun begitu, sebagai flagship teranyar, tentunya One M9 memiliki fitur-fitur terbaru yang tidak dimiliki oleh para pendahulunya.

perbedaan-htc-one-m8-dan-m9.jpg

Dibilang kembar identik karena tampilan depan HTC One M9 terlihat sama persis dengan One M8. Kedua ponsel pintar ini memiliki layar yang sama-sama berukuran 5 inci. Begitupun dengan detail pada bagian speaker dan kamera depannya terlihat mirip sekali. Tak terkecuali dengan penampang body bagian belakangnya, ibarat buah pinang yang dibelah dua.

Lantas, di manakah letak perbedaan HTC One M9 dan HTC One M8?

1. Posisi Tombol Power

Jika diperhatikan dengan seksama, ada perbedaan peletakan tombol power pada One M9 dan One M8. Pada HTC One M9, tombol power berada di sisi kanan smartphone dan diletakkan sejajar dengan tombol pengatur volume. Sedangkan pada HTC One M8, tombol power tersebut berada di sebelah atas dan tombol pengatur volume terletak di bagian sisinya.

2. Tipe Chipset Prosesor

Perbedaan paling penting dari kedua smartphone ini terletak pada chipset prosesor yang ditanamkan di dalamnya. Seperti kita tahu, sebelumnya One M8 dipersenjatai dengan chipset Octa-core buatan Qualcomm, Snapdragon 801. Sementara versi terbaru dari chipset Octa-core rancangan Qualcomm ini yaitu Snapdragon 810 telah dipasangkan di inti One M9.

3. Kapasitas Memori RAM

Sekalipun pilihan memori internalnya cuma 32 GB, One M9 sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 3 GB. Sementara One M8 yang hadir dengan pilihan memori internal sebesar 16 GB dan 32 GB, hanya dibekali RAM yang mampu menampung 2 GB data. Meskipun tidak terlalu jauh, selisih RAM sebesar 1 GB akan sangat terasa pada performa ponsel terutama saat menjalankan aplikasi berat dan video beresolusi tinggi.

4. User Interface (UI)

Perbedaan One M9 dan One M8 juga terletak pada user interface-nya. Versi sebelumnya, HTC mempersenjatai One M8 dengan Sense 6.0. Sebaliknya, One M9 dilengkapi dengan user interface terbaru yaitu Sense 7.0 yang membawa banyak perubahan. Salah satunya adalah tersedianya opsi yang melimpah untuk pengubahan tampilan ponsel.

5. Jumlah Soft Button

Tampilan depan M8 dan M9 memang tampak persis sekali. Termasuk, keduanya pun memiliki soft button dengan model yang kembar. Hanya saja, jumlah soft button kedua smartphone tersebut berbeda. HTC One M8 memiliki tiga tombol soft button, sementara M9 mencapai 4 tombol.

6. Dimensi dan Bobot

Cukup sulit memang merasakan perbedaan kedua smartphone persembahan HTC ini, sebab selisih dimensinya hanya terpaut tinggi 2 mm dengan selisih bobot 3 gram. HTC One M9 memiliki dimensi 144.6 x 69.7 x 9.6 mm dengan bobot 157 gram. Sementara itu, dimensi HTC One M8 adalah 146.4 x 70.6 x 9.4 mm dan berbobot 160 gram.

7. Kamera

Di bagian belakang, kita bisa langsung melihat perbedaan kamera pada One M8 dan One M9. Kamera belakang HTC One M8 berbentuk bulat, dilengkapi fitur Duo Camera, dan bersensor 4MP Ultrapixel. Sedangkan untuk HTC One M9, kamera utamanya berbentuk kotak, tanpa kamera kedua, dan beresolusi 20 MP.

8. Sistem Operasi

Dengan perbedaan waktu rilis yang cukup lama, tentu sistem operasi yang melengkapi M9 dan M8 juga berbeda. One M8 dijalankan oleh Android OS, v4.4.2 (KitKat), dan bisa diupgrade ke v5.0 (Lollipop). Di sisi lain, One M9 sudah langsung dibekali Android versi terbaru 5.0.2 Lollipop.

9. Daya Baterai

Selisih daya baterai HTC One M9 dan HTC One M8 adalah sebesar 240 mAh. Di mana baterai pada M8 sanggup menampung daya berkapasitas 2.600 mAh. Sedangkan untuk daya baterai HTC One M9 adalah 2.840 mAh.