Apa Perbedaan Buah Lemon dan Jeruk Nipis?

Apakah anda sering menganggap buah lemon dan jeruk nipis adalah sama? Tenang, anda tidak sendirian kok. Selama ini masih banyak orang yang mengira bahwa buah lemon adalah jeruk nipis. Padahal sebenarnya, antara lemon dan jeruk adalah dua buah yang berasal dari tanaman berbeda.

perbedaan-lemon-dan-jeruk-nipis.jpg

Lemon

Mau tahu apa perbedaan buah lemon dan jeruk nipis?

1. Lemon berwarna kuning, jeruk nipis berwarna hijau.

Antara buah lemon dan jeruk nipis yang layak panen memiliki warna yang berbeda. Tak heran, di pasar dan supermarket pun kita bisa membedakan kedua buah ini hanya dengan melihat warnanya. Buah lemon memiliki warna yang kuning segar karena dipetik ketika sudah agak matang. Sedangkan, jeruk nipis berwarna hijau tua dan masih mentah.

2. Lemon berukuran lebih besar daripada jeruk nipis.

Di pasaran, rata-rata ukuran buah lemon lebih besar jika dibandingkan dengan jeruk nipis. Buah lemon berkualitas bagus umumnya berdiameter 5-8 cm dengan panjang mencapai 10 cm. Sedangkan ukuran jeruk nipis yang dapat dipanen biasanya berdiameter 2-3 cm dan panjangnya 5 cm.

3. Pohon lemon bisa tumbuh lebih tinggi dari jeruk nipis.

Meskipun berasal dari marga yang sama yaitu Citrus, pohon buah lemon juga berbeda dengan pohon jeruk nipis. Secara garis besar, ukuran pohon buah lemon lebih tinggi, yakni bisa tumbuh hingga 30 meter. Sedangkan ukuran pohon jeruk nipis terbilang pendek dengan ketinggian maksimalnya yaitu 15 meter.

4. Jumlah Varietas

Jumlah varietas/jenis pada tanaman buah lemon juga berbeda dengan jeruk nipis. Pada buah lemon, kita mengenal setidaknya ada 20 varietas yang biasa dibudidayakan. Sementara itu, pilihan jenis tanaman untuk berkebun jeruk nipis lebih sedikit, hanya terdiri atas 7 varietas.

5. Lemon dari Asia Tengah, jeruk nipis dari Asia Tenggara.

Lemon adalah tanaman yang berasal dari daratan China, India barat laut, Irak, Mesir, dan Italia selatan. Selanjutnya, pamor buah lemon semakin meningkat karena banyak digunakan pada industri makanan di Amerika dan Eropa. Sebaliknya, jeruk nipis adalah tanaman asli kawasan Asia Tenggara. Jeruk nipis lebih banyak digunakan pada produk minum-minuman.

6. Lemon memiliki rasa manis asam, jeruk nipis terasa kecut.

Jika air sarinya dikecap, maka rasa jeruk nipis sepenuhnya adalah asam, karena memang buah ini dipetik saat masih mentah. Tak jauh beda, air sari lemon juga terasa asam namun dengan tambahan rasa manis karena sudah matang. Aroma buah lemon juga lebih segar ketimbang jeruk nipis.

7. Khasiat dan Manfaat

Buah lemon dan jeruk nipis sama-sama ampuh digunakan untuk membersihkan rumah. Sedangkan dari segi kesehatan, buah lemon biasanya dimanfaatkan sebagai aromaterapi, diuretik, dan anti-inflamasi. Sementara itu, khasiat jeruk nipis untuk kesehatan adalah sebagai zat pendingin tubuh.