Belum Tahu Perbedaan Udang dan Lobster?

Sekilas, udang dan lobster memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip. Keduanya mempunyai badan yang memanjang dengan kaki berpasangan di kanan dan kirinya. Hal ini tidak mengherankan, karena antara lobster dan udang sama-sama termasuk dalam kelompok Crustacea, meskipun keduanya merupakan binatang yang berbeda. Kadang-kadang orang menyebut lobster dengan nama udang, begitupun sebaliknya.

perbedaan-udang-dan-lobster.jpg

Lobster

Udang

Udang merupakan binatang dari kelompok Crustacea yang memiliki lima pasang kaki. Binatang ini termasuk perenang yang handal dan bisa ditemukan di semua wilayah perairan, kecuali perairan kutub. Sedikitnya, terdapat 125 spesies udang di dunia ini dan seluruhnya tersebar di perairan tawar, perairan payau, dan perairan asin. Udang mengandung kalsium, yodium, dan protein dalam kadar yang tinggi.

Lobster

Lobster adalah binatang Crustacea yang memiliki tubuh berukuran besar. Selain banyak ditemukan di perairan laut, lobster juga bisa dijumlah di perairan payau. Bahkan saat ini, budidaya lobster air tawar sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Lobster senang hidup di perairan dangkal dan berbatu yang mengandung lumpur dan pasir. Jenis lobster terdiri dari 48 spesies, di mana tiga spesies yang paling terkenal yaitu clawed lobster, spiny lobster, dan slipper lobster.

Berikut ini perbedaan antara udang dan lobster versi FarOF :

  1. Jenis udang lebih banyak dibandingkan dengan lobster, di mana udang terdiri dari 125 spesies dan lobster hanya ada 48 spesies.
  2. Udang bisa ditemukan di semua wilayah perairan, baik air asin, air payau, maupun air tawar. Sedangkan lobster hanya bisa hidup di perairan asin dan payau. Istilah lobster air tawar sebenarnya mengarah pada lobster yang hidup di air payau.
  3. Udang bergerak di dalam air dengan cara berenang dan termasuk perenang yang sangat handal. Sementara lobster merupakan krustacea yang merangkak/berjalan untuk berpindah tempat.
  4. Secara garis besar, udang berukuran lebih kecil daripada lobster. Rata-rata udang memiliki ukuran 5-10 cm dan maksimal 20 cm. Sementara lobster bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 50 cm.
  5. Dalam sistem perkembangbiakannya, lobster betina akan terus membawa telur-telur di tubuhnya hingga menetas. Sementara udang mempunyai kecenderungan menaruh/menempelkan telur-telurnya di suatu tempat yang dianggap aman.