Ini Lho Bedanya Gejala Penyakit Flu dan Pilek

Apa bedanya antara penyakit flu dan pilek? Pada umumnya, orang awam menganggap antara flu dan pilek merupakan penyakit yang sama. Faktanya, dua penyakit tersebut tidaklah sama dan memiliki perbedaan pada gejala-gejalanya. Diharapkan setelah mengetahui perbedaan kedua penyakit ini, anda bisa memberikan bentuk penanganan yang paling tepat kepada penderitanya.

perbedaan-flu-dan-pilek.jpg

Ilustrasi

Simak perbedaan-perbedaan flu dan pilek berikut ini :

  1. Penyakit pilek selalu datang secara perlahan diiringi gejala-gejala tertentu selama beberapa hari sebelumnya. Sebaliknya, seseorang bisa tiba-tiba terserang flu secara mendadak dengan gejala yang berlangsung relatif cepat.
  2. Kadang-kadang seseorang yang akan terkena pilek akan mengalami demam ringan terlebih dahulu. Sedangkan, penyakit flu selalu disertai dengan gejala demam yang tinggi hingga mencapai 38°C.
  3. penyakit flu biasaPya juga diawali dengan gejala sakit kepala yang cukup parah. Tetapi, jarang sekali seseorang yang akan terserang pilek mengalami sakit kepala sebelumnya.
  4. Tanda-tanda awal penyakit flu selalu disertai dengan rasa nyeri di sekujur badan sehingga penderitanya akan merasakan lemah dan lesu. Namun pada pilek, gejala ini jarang mengikuti.
  5. Bersin-bersin merupakan hal yang sangat umum terjadi ketika seseorang akan terjangkit pilek. Tetapi, di sisi lain hal tersebut tidak dirasakan oleh penderita flu.
  6. Hidung tersumbat dan meler tidak terlalu sering menghampiri penderita flu. Sementara untuk penderita pilek, hal ini sangat umum terjadi.
  7. Gejala pilek selalu diikuti tenggorokan yang meradang dan terasa perih. Sebaliknya flu jarang disertai dengan radang tenggorokan.
  8. Umumnya, penderita pilek akan mengalami batuk berdahak dengan intensitas ringan hingga sedang selama beberapa hari. Tetapi, batuk yang menghampiri penderita flu berupa batuk kering dengan intensitas cukup parah.

Sudah jelas kan sekarang? Jadi jangan salah mengidentifikasi penyakit dan memberikan obatnya lagi ya!