Ini Perbedaan Layar HD, FHD, dan QHD

Pada umumnya, istilah HD, FHD, dan QHD dapat ditemukan pada layar suatu perangkat elektronik. Adapun ketiga istilah ini menggambarkan seberapa tinggi resolusi yang melengkapi teknologi suatu layar tersebut pada aspek rasio 16:9, di mana HD adalah teknologi layar yang paling awal, lalu diteruskan oleh FHD, dan saat ini layar QHD menjadi teknologi termutakhir. Sudah barang tentu, ada sejumlah perbedaan yang dimiliki oleh HD, FHD, dan QHD. Apa saja?

perbedaan-hd-fhd-qhd.jpg

Layar Ponsel Pintar

HD (High Definition)

Layar HD (High Definition) adalah suatu teknologi layar beresolusi tinggi generasi awal. Kebanyakan teknologi HD diterapkan pada layar televisi, meskipun tidak menutup kemungkinan pada monitor dan smartphone juga. Besar resolusi yang dimiliki oleh layar HD adalah 1280 x 720 piksel, atau biasa disingkat 720p. HD merupakan teknologi resolusi tinggi generasi awal, yang selanjutnya melahirkan layar jenis QHD, qHD, full HD, UHD, dll.

FHD (Full High Definition)

FHD (Full High Definition) adalah teknologi layar beresolusi 1920 x 1080 piksel pada rasio 16:9 atau ditulis 1080p. Layar jenis FHD ini bisa ditemukan pada teknologi layar smartphone, televisi, monitor, sistem game, camcorders, dsb. Secara teknis, layar FHD mampu menyajikan gambar yang lebih jernih dibandingkan dengan layar HD karena susunan piksel-pikselnya yang jauh lebih padat.

QHD (Quad High Definition)

Sebagai teknologi terbaru, saat ini QHD mampu menyajikan kualitas gambar yang paling jernih dibandingkan dengan generasi-generasi layar pendahulunya. Layar QHD memiliki resolusi 2560 × 1440 piksel atau biasa disebut 1440p, dan biasa digunakan sebagai layar ponsel pintar dan LCD komputer. Perlu diingat bahwa QHD (Quad High Definition) berbeda dengan qHD (Quarter High Definition).

Sepertinya tidak lama lagi layar berjenis QHD akan turun dari tahtanya sebagai teknologi layar dengan resolusi paling tinggi. Sebab, santer terdengar kabar bahwa saat ini tengah dikembangkan layar berjenis UHD (Ultra High Definition) atau disebut juga 4K. Resolusi layar ini diprediksi akan mencapai 3840 × 2160 piksel.