Jelas! Perbedaan Fakta dan Opini Secara Mendasar

Apa perbedaan antara fakta dan opini? Pada dasarnya, fakta dan opini memiliki pengertian yang saling berbeda satu sama lain. Fakta adalah suatu informasi yang benar, sedangkan opini hanyalah sebatas keyakinan. Keabsahan fakta didukung oleh bukti-bukti yang kuat dan opini tidak mempunyai dukungan dari bukti apapun.

Seseorang yang membuat pernyataan secara faktual tahu bahwa sumber informasinya berasal dari fakta. Sebaliknya, orang yang mengeluarkan sebuah opini tidak memiliki fakta-fakta apapun yang melandasi pendapatnya. Dengan kata lain, fakta adalah sebuah pernyataan yang benar, sementara opini adalah pernyataan yang belum pasti kebenarannya. Oleh karena itu, fakta bersifat objektif dan opini bersifat subjektif. Opini hanya sebatas pernyataan yang menjadi ledakan emosi seseorang.

perbedaan-fakta-dan-opini.jpg

Seluruh hal yang fakta jika dibuktikan maka hasilnya akan benar, sedangkan hasil dari opini bisa benar dan bisa salah. Fakta tidak mengandung persepsi, lain lagi opini merupakan persepsi dari pemikiran seseorang. Suatu informasi bisa dikatakan fakta apabila semua orang menganggapnya benar. Sedangkan informasi yang dianggap benar oleh kalangan tertentu saja disebut opini.

Fakta adalah apa yang benar-benar terjadi, opini hanya sebuah pendapat tanpa kejadian yang menyertainya. Meskipun setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda, mereka akan setuju dan tetap mendukung sebuah fakta. Sebaliknya ada yang mendukung sebuah opini bila dirasa seirama, dan ada pula yang menolaknya jika bertentangan.

Fakta adalah apa yang dilakukan atau apa yang terjadi, apa yang sebenarnya, pernyataan yang sepenuhnya benar, kebenaran, dan realitas. Opini adalah suatu pernyataan yang menunjukkan kepercayaan, pandangan, sentimen, dan konsepsi.

Opini hanya sekadar pemikiran atau spekulasi dan dapat menyebabkan terjadinya pertentangan atau kontroversi. Sementara itu, fakta ialah kebenaran atau realitas itu sendiri.

Fakta adalah informasi yang kuat, opini adalah informasi yang bias. Fakta selalu tercatat dalam sejarah, opini hanya pandangan yang mungkin tidak masuk ke dalam sejarah.

Ketika seseorang mengatakan sebuah fakta, maka ia dapat dengan mudah mempengaruhi orang lain. Tetapi saat orang mengungkapkan sebuah opini, pendapat tersebut tidak bisa mempengaruhi orang lain sepenuhnya.

Kebanyakan orang sulit membedakan antara fakta dan opini. Pemahaman yang benar tentang perbedaan keduanya terletak pada ada tidaknya hal-hal yang bisa dievaluasi dari suatu informasi untuk memberikan penilaian. Apabila informasi tersebut keseluruhan isinya adalah benar, maka disebut fakta. Sementara jika informasi tersebut masih bisa dievaluasi di beberapa bagian isinya, maka disebut opini.