Perbedaan-perbedaan antara Sepakbola dan Futsal

Apa perbedaan antara sepakbola dan futsal? Akhir-akhir ini, olahraga futsal semakin digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan. Olahraga ini umumnya dimainkan saat malam hari sembari menjadi pelepas kepenatan setelah seharian bekerja.

Banyak orang menganggap permainan futsal sama seperti sepakbola. Hal ini tak mengherankan sebab futsal dikembangkan dari olahraga sepakbola. Tetapi faktanya, antara futsal dan sepakbola ini keduanya tidak sama. Ada perbedaan-perbedaan mendasar terkait aturan permainan dan kelengkapannya. Apakah itu?

sepakbola-dan-futsal.jpg

Lapangan Sepakbola

Dari segi aturan permainan, perbedaan sepakbola dan futsal antara lain :

  1. Seperti kita tahu, jumlah pemain sepakbola tiap timnya adalah 11 orang. Sementara setiap tim pada permainan futsal terdiri atas 5 pemain. Jumlah tim ini sudah termasuk pemain pada posisi penjaga gawang.
  2. Perbedaan juga terletak pada banyaknya jumlah pergantian pemain yang diperbolehkan dalam setiap laga pertandingan. Pada sepakbola, setiap tim berhak mengganti pemainnya sebanyak tiga kali pergantian. Sedangkan jumlah pergantian pemain yang diijinkan pada olahraga futsal tidak terbatas. Jadi dalam setiap laganya, masing-masing klub bisa mengganti pemain hingga beberapa kali.
  3. Ketika bola keluar dari area lapangan, maka pada pemain sepakbola bisa melempar ke dalam (throw-in) untuk mengembalikan bola tadi. Sedangkan pada futsal, aturan lemparan ke dalam tersebut diganti dengan tendangan ke dalam (kick-in).
  4. Di dalam pertandingan-pertandingan sepakbola, wasit yang mengaturnya terdiri atas 3 orang yaitu 1 orang wasit utama dan 2 orang wasit garis. Sedangkan pada pertandingan-pertandingan futsal dijaga oleh 2 orang yaitu wasit utama dan wasit penjaga garis.
  5. Perbedaan berikutnya adalah jalannya waktu pertandingan. Pada futsal, waktu berlangsungnya pertandingan dikendalikan oleh penjaga waktu (time keeper) yang bertugas untuk menjalankan dan menghentikan waktu pertandingan (stopped clock). Sementara pada sepakbola, jalannya waktu pertandingan dikendalikan sepenuhnya oleh wasit utama sebagai pemimpin pertandingan.
  6. Setiap babak pertandingan dalam olahraga sepakbola berlangsung selama 45 menit. Sebaliknya, lamanya waktu pertandingan futsal per babak adalah 20 menit.
  7. Pada pertandingan sepakbola tidak mengenal istilah time out saat babak permainan berlangsung. Jadi pemain sepakbola tidak bisa beristirahat di tengah-tengah jalannya pertandingan. Sedangkan pada futsal dikenal 1 kali kesempatan time out per babak.
  8. Seperti kita tahu, untuk melakukan goal kicks (tendangan gawang) pada sepakbola, semua pemain boleh mengeksekusinya. Sedangkan pada futsal, hanya boleh dilakukan oleh penjaga gawang, itupun harus dengan cara dilempar (throw) bukan ditendang (kick).
  9. Di peraturan futsal, tidak dikenal istilah offside. Hal ini memungkinkan pergerakan seluruh pemain bisa lebih dinamis dan aktif. Di sisi lain, aturan sepakbola mengenal istilah offside yaitu saat seorang pemain diberikan umpan bola ketika berada lebih dekat ke gawang lawan daripada pemain-pemain lawan.
  10. Posisi penjaga gawang memiliki keistimewaan yakni boleh memegang bola dengan tangan selama beberapa waktu. Aturan dalam permainan sepakbola, penjaga gawang boleh memegang bola selama 6 detik. Sedangkan aturan pada permain futsal, penjaga gawang boleh memegang bola selama 4 detik. Bola harus segera dikembalikan ke dalam permainan sebelum melewati batas waktu tersebut atau kiper akan mendapatkan sanksi dari wasit.
  11. Sehebat apapun tim-tim yang bertanding dalam suatu laga, pasti tidak bisa tanpa terjadinya pelanggaran tertentu. Pada pelanggaran sepakbola, jumlah pelanggaran yang dimaklumi tak terbatas. Sedangkan pada pertandingan futsal, jumlah pelanggaran maksimal yang bisa dilakukan sebanyak 5 kali. Pada saat tendangan bebas (free kick) di futsal, tidak dikenal adanya dinding pemain.
  12. Hal menarik terletak di perbedaan aturan pergantian pemain di kedua olahraga ini. Pada sepakbola, seorang pemain yang sudah keluar dan digantikan oleh pemain lain tidak bisa menggantikan pemain lainnya. Sementara pada olahraga futsal, hal tersebut diperbolehkan dengan catatan waktu pergantian sudah lebih dari 2 menit atau tercetaknya sebuah gol oleh tim lawan.
  13. Antara futsal dan sepakbola juga sama-sama mengenal tendangan sudut. Bedanya, pada sepakbola eksekusi dilakukan di garis 1/4 lingkaran sudut, sementara pada futsal tendangan dilakukan tepat di titik sudut.
  14. Pada permainan sepakbola, seorang kiper bisa merangkap di posisi lain karena seluruh pemain boleh mengoperkan bola ke kiper tersebut sesuka hati. Sedangkan pada futsal, pemain lain hanyal boleh mengumpankan bola ke penjaga gawang sebanyak 1 kali setiap pertandingan.
  15. Untuk merebut bola dari kaki lawan, pemain sepakbola boleh melakukan sliding tackle ke arah lawan. Sedangkan pada futsal, sliding tackle termasuk sebuah pelanggaran.

Sedangkan dari segi kelengkapan permainan, perbedaan-perbedaan sepakbola dan futsal yaitu :

  1. Ukuran standar untuk bola dalam permainan sepakbola adalah bola nomor 5. Sedangkan untuk ukuran standar bola dalam olahraga futsal adalah bola nomor 4. Bola yang digunakan pada futsal juga mempunyai daya pantul yang lebih rendah dibandingkan dengan sepakbola.
  2. Secara kasat mata, lapangan futsal berukuran lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Ukuran lapangan futsal adalah panjang 25-43 m dengan lebar 15-25 m. Sedangkan untuk sepakbola, lapangannya berukuran panjang 90-120 m dan lebar 45-90 m.
  3. Pada lapangan sepakbola, alasnya berupa rumput asli yang ditanam di atas tanah. Sebaliknya lapangan futsal dialasi dengan rumput sintetis yang diletakkan di atas lantai beton.
  4. Jika dicermati, ukuran gawang pada olahraga sepakbola lebih lebar ketimbang gawang futsal. Menurut standarnya, ukuran gawang sepakbola adalah lebar 7,32 m dan tinggi 2,44 m. Sementara itu, ukuran gawang futsal adalah panjang 3 m dengan tinggi 2 m.
  5. Model sepatu yang standar untuk bermain sepakbola dan futsal juga berbeda lho. Sepatu sepakbola memiliki pul yang terbuat dari karet di bagian dasarnya minimal 6 buah. Sedangkan sepatu futsal tidak dilengkapi dengan pul-pul ini.