Perbedaan Utama antara TV LCD dan TV LED

Apa perbedaan antara LCD dan LED? Kita mengenal istilah LCD dan LED dari teknologi yang diusung oleh layar televisi. Meskipun secara kasat mata bentuk TV LCD dan TV LED sama, namun kualitas tingkat kejernihan dan kepadatan tampilan layarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

perbedaan-layar-lcd-dan-led.jpg

Layar Bertipe LCD

LCD (Liquid Crystal Display)

LCD merupakan sebuah layar berteknologi digital yang mengadopsi kristal cair/liquid crystal untuk menampilkan grafis. Layar ini terdiri dari dua lapisan kaca terpolarisasi dan di tengahnya berisi blok kristal cair yang dapat mengeluarkan cahaya. Layar LCD memanfaatkan lampu neon sebagai sumber cahaya yang kemudian diteruskan oleh liquid crystal. Susunan cahaya-cahaya yang melewati liquid crystal ini yang kemudian membentuk suatu gambar tertentu.

LED (Light Emitting Diodes)

Teknologi layar LED merupakan perkembangan dari layar LCD. Jadi, layar LED ini juga terdiri atas dua lapisan kaca terpolarisasi yang di dalamnya terdapat liquid crystal. Perbedaan yang paling mendasar adalah pada sumber cahayanya, di mana layar LED memanfaatkan dioda tipe LED sebagai pemancar cahaya, sementara layar LCD menggunakan lampu neon. Selanjutnya, dioda-dioda LED ini diletakkan di belakang layar atau di sekeliling layar. Hal inilah yang membuat ukuran layar LED lebih tipis dan mengonsumsi daya lebih sedikit dibandingkan dengan layar LCD.

Mengapa LED dapat Menghasilkan Grafis yang Lebih Jernih?

Mungkin anda bertanya-tanya, jika teknologi yang digunakan hampir sama tapi kenapa kualitas grafis antara LCD dan LED sangat berbeda? Hal ini dikarenakan roda lampu warna RGB yang digunakan oleh kedua layar ini tidak sama, di mana LED ditanami warna yang memungkinkannya bisa menghasilkan warna yang lebih realistis dan lebih tajam. Selain itu sumber cahaya pada layar LED, yaitu dioda, bersifat dinamis alias mampu mengatur intensitas cahaya antara terang dan redup. Hal ini membuatnya sanggup menghasilkan warna dengan tingkat kecerahan yang tepat.

Sedangkan pada layar LCD, kemampuan layarnya tidak dibekali dengan teknologi-teknologi di atas. Sehingga ada beberapa warna yang terlihat masih kurang nyata. Walaupun begitu, warna putih yang ditampilkan oleh layar LCD lebih realistis ketimbang pada layar LED.