5 Perbedaan Penting antara Massa dan Berat

Apa perbedaan antara massa dan berat? Menurut KBBI, massa adalah sejumlah zat yang dikumpulkan menjadi satu kesatuan, sedangkan berat adalah gaya tarik suatu benda karena massa dan keberadaannya di alam. Dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan orang keliru dalam menyebutkan istilah massa dan berat. Bahkan tidak sedikit juga yang menganggap kedua kata ini bermakna sama.

perbedaan-massa-dan-berat.jpg

Neraca

Simak 5 perbedaan antara massa dan berat di bawah ini :

1. Pengertian

Seringkali orang keliru dengan menyamakan arti massa dan berat. Padahal menurut pengertiannya, kedua kata ini sudah memiliki terjemahan yang berbeda. Massa menyatakan banyaknya materi yang terkandung di dalam suatu benda. Sementara berat menyatakan besarnya gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda.

2. Sifat

Di manapun tempatnya, ukuran massa suatu benda akan tetap seperti itu. Di sisi lain, ukuran berat suatu benda bisa berubah-ubah sesuai kedudukannya. Semakin tinggi kedudukan suatu benda, maka gaya gravitasi bumi yang mengenainya semakin melemah, sehingga beratnya pun akan semakin berkurang. Tidak heran, berat benda di bumi lebih besar dibandingkan dengan di bulan.

3. Besaran

Menurut standar internasional, massa dan berat merupakan jenis besaran yang berbeda. Massa termasuk besaran sakelar yang hanya mempunyai nilai besar saja. Sedangkan berat termasuk ke dalam besaran vektor yang memiliki ukuran besar dan arah gerak.

4. Satuan

Karena berasal dari besaran-besaran yang berbeda, maka otomatis satuan massa dan berat berbeda pula. Berdasarkan standarisasi internasional, satuan massal dinyatakan dengan simbol kg dibaca kilogram. Tetapi, satuan berat disimbolkan dengan huruf N dibaca newton.

5. Alat Ukur

Yang menarik adalah alat ukur dari kedua besaran ini ternyata juga berbeda lho. Massa suatu benda dapat diukur dengan menggunakan neraca timbangan. Sedangkan, pengukuran berat suatu benda dihitung memakai neraca pegas atau dinamometer.

Sekarang sudah jelas kan perbedaan antara massa dan berat. Jadi, jangan heran kalau massa suatu barang berukuran tidak sama dengan beratnya