5 Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sama-sama dirancang oleh pabrikan Astra Motor. Mengusung konsep LCGC (Low Cost Green Car), kedua mobil ini menyasar level hatchback dengan keseluruhan spesifikasi yang nyaris kembar. Kehadiran Agya dan Ayla ibarat rival abadi, di mana keduanya mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan mobil murah dengan bodi yang tak kalah gahar.

Yang menarik adalah mesin yang ditanamkan pada Agya dan Ayla sama, berupa mesin 12V DOHC FI yang berkapasitas silinder 1000 cc. Adapun mesin tersebut memiliki dua mode transmisi yaitu transmisi otomatis 4-speed dan transmisi manual sebanyak 5-speed. Hebatnya, tenaga yang sanggup dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 65 PS dengan 6.000 rpm dan torsi maksimal 8,8 kgm pada 3.600 rpm.

perbedaan-Agya-dan-Ayla.jpg

Toyota Agya

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla!

1. Logo

Perbedaan pertama yang mudah dikenali dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla terletak pada logo yang melekat pada body-nya. Toyota Agya dilengkapi dengan logo berbentuk burung garuda yang dibingkai oleh kerangka elips. Sedangkan logo yang menyertai Ayla adalah huruf A yang juga dipadukan dengan bingkai berbentuk elips.

2. Desain

Dari segi desain, antara Agya dan Ayla mengusung konsep berbeda meskipun dimensi keduanya nyaris sama yaitu berkisar 3,6 x 1,6 x 1,52 m. Perbedaan desain bisa dilihat pada bagian grill, bamper, dan flog lamp dari kedua mobil ini. Agya memilih grill dengan model smile sehingga tampak elegan. Sementara Ayla mempercayakan grill yang berukuran tinggi, mulai dari kap mesin sampai bamper bawah dan membuatnya terlihat sangat sporty.

3. Warna

Baik Agya maupun Ayla sama-sama memiliki varian 6 macam warna yang berbeda tipis. Toyota Agya tersedia dalam pilihan warna Black, White, Light Blue, Blue Metallic, Silver Metallic, dan Grey Metallic. Sementara pilihan warna Daihatsu Ayla adalah Ultra Black Solid, Icy White Solid, Light Blue Solid, Light Blue Metallic, Dark Grey Metallic, dan Classic Silver Metallic. Namun untuk official color saat peluncuran, Agya memakai Dark Blue Metallic dan Ayla memilih Light Blue Metallic.

4. Tipe

Tidak jauh berbeda, varian tipe Agya dan Ayla juga sama-sama mempunyai tiga pilihan. Di mana tipe Toyota Agya yang diluncurkan yaitu tipe E, tipe G, dan tipe TRD S. Sebaliknya untuk Daihatsu Ayla, pilihannya antara lain tipe D, tipe M, dan tipe X. Agya tipe E dan Ayla tipe D merupakan varian yang paling sederhana dan dibandrol dengan harga yang paling rendah.

5. Interior

Tema yang diusung pada bagian dalam Agya adalah desain stylish dan fungsional. Hal ini bisa dilihat dari kapasitas bagasi yang lapang, interior yang dilengkapi AC, power window, dan doorlock, serta kursi yang disertai headrest dan sabuk pengaman. Sementara itu, interior Ayla mengusung tema desain yang dinamis. Kursi bagian belakangnya bisa dilipat, sehingga lebih fleksibel untuk penumpang dan barang muatan.