6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado

Apa perbedaan antara angin puting beliung dan tornado? Kebanyakan orang awam masih mengira kalau angin puting beliung dan angin tornado itu sama. Biarpun keduanya sama-sama terbentuk dari awan Comolunimbus (CB), akan tetapi karakteristik perpusaran angin puting beliung dan tornado sangat berbeda.

perbedaan-angin-puting-beliung-dan-tornado.jpg

Angin Tornado

Catat perbedaan-perbedaan antara angin puting beliung dan tornado versi FarOF berikut ini :

  1. Angin puting beliung ditimbulkan oleh satu atau sebagian kecil awan berjenis Comolunimbus. Sementara itu, angin tornado disebabkan oleh puluhan awan Comolunimbus.
  2. Secara umum, kekuatan angin tornado lebih dasyat dan lebih kuat dibandingkan dengan angin puting beliung.
  3. Waktu pembentukan angin puting beliung relatif lebih singkat. Sedangkan pembentukan angin tornado membutuhkan waktu yang lama sampai lebih dari tiga hari.
  4. Lama berlangsungnya angin puting beliung juga relatif singkat, hanya beberapa menit saja. Tetapi angin tornado bisa berlangsung cukup lama hingga mencapai seminggu.
  5. Karena proses pembentukannya lama dan melewati tahap-tahap tertentu, maka kemunculan angin tornado bisa diprediksi. Di sisi lain, kemunculan angin puting beliung sulit diprediksi karena waktu pembentukan dan berlangsungnya pun sangat cepat.
  6. Angin tornado hanya bisa terjadi di hamparan yang sangat luas dan angin puting beliung bisa terjadi di manapun, termasuk di Indonesia.