6 Perbedaan Barang dan Jasa yang Jarang Diketahui

Apa perbedaan antara barang dan jasa? Istilah barang dan jasa akrab di ilmu ekonomi karena keduanya sama-sama bisa diperjualbelikan. Menurut KBBI, barang adalah segala sesuatu yang berwujud atau berjasad, sementara jasa adalah perbuatan yang bernilai dan berguna bagi orang lain. Kata jasa bisa disebut juga dengan istilah layanan atau servis.

perbedaan-barang-dan-jasa.jpg

Pakaian

Di bawah ini merupakan perbedaan-perbedaan dari barang dan jasa versi FarOF!

  1. Barang bersifat nyata, dalam artian memiliki wujud dan bentuk. Sedangkan jasa bersifat semu, sehingga tidak dapat disentuh tetapi bisa dirasakan.
  2. Eksistensi barang bisa berkurang dan habis seiring dengan intensitas pemakaiannya. Sedangkan jasa tidak mengalami pengurangan dari segi apapun.
  3. Pada transaksi barang, terjadi perpindahan kepemilikan dari penjual ke pembeli. Tetapi hal ini tidak berlaku pada transaksi jasa.
  4. Konsumen ikut terlibat di dalam proses pembuatan jasa dan dikonsumsi secara bersamaan. Namun pembuatan barang tidak melibatkan konsumen, melainkan sebatas sebagai penggunanya.
  5. Proses jual beli jasa membutuhkan interaksi yang lebih banyak antara penyedia dan pembeli dibandingkan dengan transaksi barang.
  6. Peningkatan mutu suatu produk barang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan peningkatan kualitas layanan jasa. Pun kesalahan yang dialami barang juga lebih mudah ditemukan daripada evaluasi kesalahan jasa.