9 Perbedaan Sistem Operasi Android dan Windows Phone

Apa perbedaan antara sistem operasi Android dan Windows Phone? Di dunia smartphone, kita mengenal beberapa sistem operasi yang bertarung sengit untuk merebut perhatian konsumen. Di antaranya adalah Android OS dan Windows Phone OS. Kedua sistem operasi ini setiap saat terus dikembangkan untuk meningkatkan kelebihan dan menambal kekurangannya. Saat ini, versi terbaru dari kedua jenis operating system ini berupa Windows Phone 8.1.1 dan Android 5.0 Lollipop.

Sejauh ini, sistem operasi Android berhasil mendominasi perhatian dunia dengan kehandalannya. Sedangkan, Windows Phone hanya mampu meraih sekitar 3% pengguna ponsel di seluruh dunia. Meskipun begitu, bukan berarti performa Android lebih baik dibandingkan dengan Windows Phone, begitu juga sebaliknya. Hal ini mengingat kedua sistem operasi ini terus dikembangkan, maka kinerja keduanya pun selalu berlomba-lomba satu sama lain.

perbedaan-Android-dan-Windows-phone.jpg

Maskot Android Lollipop

Di bawah ini perbedaan-perbedaan mendasar antara Android dan Windows Phone selain aspek performanya!

Perusahaan Pengembang

Pada awalnya, sistem operasi Android didesain dan dikembangkan oleh perusahaan Android Inc. Baru sekitar tahun 2005, pengembangan sistem operasi ini diambilalih oleh Google dan diperkenalkan ke publik pada 23 September 2008. Sementara itu, Windows Phone adalah sistem operasi yang dikembangkan dan disebarluaskan oleh Microsoft Corporation. OS ini diluncurkan pada tanggal 21 Oktober 2010.

Model Pengkodean

Android adalah sistem operasi yang bersifat open source. Artinya, kode-kode di dalamnya bisa didapatkan secara gratis di bawah lisensi Apache, serta boleh dimodifikasi dan didistribusikan oleh perusahaan dan para developer secara bebas. Sebaliknya, Windows Phone adalah sistem operasi yang bersifat closed-sourced. Ini berarti, Windows Phone OS hanya boleh dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dan kode-kode di dalamnya dilindungi oleh hak cipta.

OS Keluarga

Android masih termasuk di dalam keluarga sistem operasi yang berbasis Linux, atau tepatnya Unix OS. Sementara Windows Phone masih satu keluarga dengan Windows OS. Kedua sistem operasi ini sengaja diciptakan untuk diterapkan pada ponsel-ponsel pintar.

Dukungan Pemrograman

Meskipun sama-sama diinstalkan pada perangkat smartphone, ternyata bahasa pemrograman yang didukung oleh kedua sistem operasi ini juga berbeda. Windows Phone hanya mendukung bahasa pemrograman C dan C++. Sedangkan dukungan bahasa pemrograman pada Android lebih kompleks, meliputi Java, C, dan C++.

Dukungan Platform

Perbedaan juga terlihat pada platform yang didukung Android dan Windows Phone OS. Android OS bisa berjalan di atas platform ARM, MIPS, x86, dan I.MX. Namun, Windows Phone hanya bisa dijalankan di atas platform x86.

Lisensi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Android dan Windows Phone memiliki sifat yang berbeda dan berkaitan dengan lisensi keduanya. Lisensi Android adalah Apache License 2.0 dan Linux kernel patches under GNU GPL v2. Sedangkan lisensi Windows Phone berupa Commercial proprietary software.

User Interface

Secara kasat mata, anda akan langsung mengetahui perbedaan user interface yang diterapkan pada Android OS dan Windows Phone OS. Android OS mengadopsi user interface berupa multitouch. Sementara itu, Windows Phone menggunakan Metro UI yang terkenal dengan grafis kotak-kotaknya.

Update

Semua update yang dilakukan pada sistem operasi Windows Phone merupakan tanggung jawab Microsoft Corporation. Sedangkan keputusan update sistem operasi Android diambil alih oleh masing-masing perusahaan pembuat smartphone. Perlu diketahui, update sistem operasi harus didukung dengan kompatibilitas hardware yang mumpuni.

Aplikasi Tambahan

Ketersediaan aplikasi tambahan pada Android jauh lebih banyak ketimbang aplikasi berbasis Windows Phone. Hal ini karena siapapun boleh mengembangkan aplikasi Android dan membagikannya lewat Google Play. Sementara itu, keterbatasan jumlah aplikasi Windows Phone disebabkan karena pengembang aplikasi-aplikasi tersebut sebatas dari karyawan Microsoft dan orang-orang yang telah ditunjuk saja.