Apa Perbedaan antara LAN, MAN, dan WAN?

Istilah LAN, MAN, dan WAN akrab di dunia komputerisasi dan jaringan internet. Tujuan dari pembangunan jaringan komputer adalah untuk dapat saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya, baik hardware maupun software. Pada dasarnya, perbedaan dari ketiga tipe jaringan ini terletak di area cakupannya, di mana LAN mencakup wilayah tersempit dan WAN mencakup wilayah paling besar. Selanjutnya, untuk mengefektifkan penggunaan sumber daya yang dibutuhkan, peralatan-peralatan yang dipakai untuk membangun ketiga jaringan ini juga berbeda.

perbedaan-lan-man-dan-wan.jpg

Local Area Network

Di bawah ini merupakan penjelasan dari perbedaan-perbedaan antara LAN, MAN, dan WAN versi FarOF :

LAN (Local Area Network)

LAN adalah model jaringan komputer yang mencakup area lokal/sempit seperti ruangan, rumah, gedung, dan sekolah. Oleh karena itu, peralatan yang digunakan untuk membangun jaringan ini lebih sederhana dibandingkan dengan MAN dan WAN. Proses pembuatan LAN minimal bisa dilakukan dengan memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet berupa switch berkecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps untuk sambungan kabel dan teknologi 802.11 b berupa WiFi untuk sambungan nirkabel.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang mencakup area lebih luas daripada LAN, namun lebih sempit dibandingkan dengan WAN. Dengan kata lain, MAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan beberapa LAN menjadi satu. Contoh dari MAN adalah jaringan komputer di dalam kota dan kabupaten yang berjarak antara 10-50 km. Apabila area cakupannya lebih dari 50 km, maka jaringan tersebut bisa dikatakan sebagai WAN. Pada dasarnya, proses pembuatan MAN masih sama seperti LAN. Namun agar kecepatan transfer datanya lebih tinggi dan tingkat keamanannya lebih terjamin, peralatan-peralatan yang digunakan untuk membangun MAN ini pun memakai switch atau WiFi yang lebih canggih.

WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang mempunyai area cakupan paling luas. Tipe jaringan inilah yang diaplikasi pada internet yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Untuk membangun WAN, peralatan yang dibutuhkan masih sama seperti yang dipakai dalam LAN dan MAN dengan tambahan router. Fungsi router adalah untuk mengatur arus lalu lintas data agar bergerak secara cepat dan tidak saling bertabrakan, serta menjamin keamanan data tersebut sampai di komputer tujuan. Sebenarnya selain router, masih ada peralatan-peralatan lain yang mendukung proses pembuatan WAN, antara lain repeater, gateway, dan bridge.