Ini Dia Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral

Apa perbedaan antara uang kartal dan uang giral? Seperti kita tahu, jenis uang yang beredar di masyarakat dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu uang kartal dan uang giral. Walaupun kedua uang ini sama-sama dapat dijadikan sebagai alat transaksi yang sah, tetapi ada perbedaan mendasar dari keduanya. Apakah itu?

perbedaan-uang-kartal-dan-uang-giral.jpg

Contoh Uang Kartal

Sifat

Perbedaan yang pertama dari uang kartal dan uang giral adalah sifat berlakunya di kalangan masyarakat. Pada uang kartal, setiap orang wajib mengakui nilai uang ini dan menerimanya sebagai alat transaksi. Di lain sisi, masyarakat boleh menolak pembayaran yang menggunakan uang giral.

Peredaran

Peredaran uang kartal menembus semua lapisan masyarakat, baik kalangan kecil, menengah, dan besar. Sementara itu, peredaran uang giral umumnya hanya sebatas di kalangan masyarakat menengah ke atas. Uang giral dinilai lebih efektif dan lebih aman sebagai alat pembayaran.

Wujud

Uang kertas dan uang logam merupakan perwujudan dari uang yang berjenis kartal. Sebaliknya wujud uang giral tidak tampak secara fisik, melainkan berupa catatan-catatan yang diakui keabsahannya. Misalnya adalah rekening tabungan, cek, giro, dan bilyet.

Pembuat

Perbedaan terakhir antara uang kartal dan uang giral adalah pembuatnya. Perlu diketahui, seluruh uang kartal rupiah di Indonesia dibuat dan dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Sedangkan, uang giral diciptakan oleh bank-bank di Indonesia, baik kepunyaan BUMN maupun swasta.