Mengupas Perbedaan Harimau, Macan, dan Singa

Berbicara mengenai harimau, macan, dan singa, pasti selama ini anda mengira bahwa ketiga hewan ini sama kan? Anggapan ini biasanya muncul lantara ketiganya memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dan sama-sama merupakan binatang pemakan daging. Ternyata biarpun harimau, macan, dan singa berasal dari keluarga felidae (kucing-kucingan), ketiga binatang karnivora ini benar-benar berbeda lho.

Yuk, kita pelajari bersama bedanya harimau, macan, dan singa!

Harimau

perbedaan-harimau.jpg

Harimau (Panthera tigris)

Harimau adalah kucing terbesar di muka bumi ini dengan bobot yang bisa mencapai 320 kg dan panjang 3,3 meter. Ia juga merupakan binatang pelari tercepat kedua setelah citah, serta karnivora ketiga terbesar setelah beruang kutub dan beruang cokelat. Berbeda dengan jenis kucing lainnya, harimau adalah perenang yang handal. Harimau dapat dikenali dari ciri fisik tubuhnya yang loreng-loreng kombinasi warna cokelat dan hitam. Harimau adalah binatang yang terancam punah, di mana subspesies yang masih hidup yaitu harimau indocina, harimau benggala, harimau cina selatan, harimau siberia, harimau sumatera, dan harimau malaya.

Macan

perbedaan-macan.jpg

Macan (Panthera pardus)

Macan adalah kucing yang paling pintar dalam memanjat. Waktu hidupnya lebih banyak dihabiskan di atas pohon, dan hanya turun ketika mencari mangsa atau air. Kekhasan pada binatang ini adalah tubuhnya yang dipenuhi dengan bintik-bintik atau tutul berwarna hitam. Berbeda dengan jenis kucing lain yang mengandalkan strategi berkelompok untuk mendapatkan mangsanya, macan memanfaatkan kemampuan individual untuk berburu. Bahkan antar-spesiesnya, macan saling menghindar satu sama lain.

Singa

perbedaan-singa.jpg

Singa (Panthera leo)

Singa adalah kucing yang hidup secara berkelompok, di mana setiap kelompok terdiri dari seekor jantan dan beberapa betina. Yang menarik, walaupun singa jantan dianggap lebih berkuasa dan lebih unggul, namun urusan berburu sepenuhnya dilakukan oleh singa betina. Singa jantan hanya menunggu jatah dari hasil buruan si betinanya. Sosok singa dapat dikenali dari pejantannya yang dipenuhi bulu tebal di sekeliling tengkuk yang berguna untuk melindungi diri dari serangan musuh. Singa merupakan binatang karnivora yang sangat membenci air.