Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula!

Kebanyakan orang menganggap bahwa laba-laba dan tarantula adalah binatang yang sama. Persepsi ini muncul lantaran bentuk karakteristik tubuh keduanya hampir mirip. Walaupun tarantula masih tergolong dalam keluarga theraphosidae, namun ternyata tidak semua spesies laba-laba bisa disebut sebagai tarantula lho.

perbedaan-laba-laba-dan-tarantula.jpg

Tarantula

Laba-laba

Laba-laba merupakan binatang yang termasuk dalam ordo Aranae di kelas Arthropoda. Tercatat, setidaknya ada 40.000 spesies laba-laba yang tersebar di muka bumi ini. Kekhasan pada laba-laba adalah memiliki bentuk tubuh yang terbagi menjadi dua bagian yaitu prosoma dan opisthosoma. Tidak semua laba-laba ditumbuhi bulu-bulu halus di tubuhnya, melainkan hanya spesies tertentu saja. Laba-laba mampu mengeluarkan benang-benang halus dari organ pemintal benang di perut yang berjumlah 6 buah. Selain sebagai tempat berlindung diri, beberapa spesies menggunakan jaring benangnya sekaligus sebagai perangkap mangsa. Sebagian besar laba-laba mampu menghasilkan racun yang sangat mematikan.

Lihat Juga : Ini Perbedaan Tabungan dan Deposito

Tarantula

Tarantula adalah salah satu spesies dari laba-laba. Secara fisik, bentuk dan tampilan binatang ini begitu mengerikan karena ditumbuhi bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya. Beberapa spesies tarantula bahkan ada yang ditumbuhi duri-duri kecil pada bagian perut. Ada sekitar 900 spesies tarantula yang tersebar di muka bumi ini dan semuanya berukuran besar dengan panjang rata-rata 10 cm dan bobot maksimal 150 gram. Perbedaan utama tarantula dari spesies laba-laba yang lain adalah bagaimana cara binatang ini mendapatkan mangsanya. Tarantula tidak memanfaatkan benang jaring yang dihasilkannya sebagai perangkap, tetapi berburu secara langsung. Pintalan benang-benang hanya digunakan sebatas untuk membantu memanjat dan terjun dari ketinggian. Jumlah organ pemintalnya pun lebih sedikit, yakni berkisar 2-4 buah. Kepopuleran tarantula berkembang seiring dengan banyaknya masyarakat yang menjadikan tarantula sebagai hewan peliharaan.

Apa perbedaan antara laba-laba dan tarantula?

  1. Semua spesies tarantula adalah laba-laba, namun tidak semua spesies laba-laba adalah tarantula.
  2. Ukuran tubuh tarantula biasanya jauh lebih besar dan lebih panjang dibandingkan dengan spesies laba-laba yang lainnya.
  3. Beberapa spesies laba-laba ditumbuhi bulu-bulu halus di tubuhnya, sementara seluruh spesies tarantula diselimuti bulu-bulu halus di sekujur badannya.
  4. Ada spesies laba-laba yang merupakan herbivora yakni laba-laba pelompat Neotropical. Sedangkan semua spesies dari tarantula adalah binatang predator.
  5. Organ pemintal benang yang dimiliki oleh tarantula berjumlah 2-4 buah. Sebaliknya, ada beberapa spesies laba-laba yang mempunyai organ pemintal hingga sebanyak 6 buah.
  6. Mayoritas laba-laba memanfaatkan jaringnya sebagai perangkap mangsa. Tetapi tarantula justru menggunakannya sekadar sebagai tempat beristirahat dan berlindung. Tarantula mencari mangsa dengan metode berburu.
  7. Rata-rata umur laba-laba adalah 2 tahun. Sementara itu, tarantula bisa bertahan hidup sampai usianya lebih dari 5 tahun.
  8. Laba-laba merupakan binatang pengganggu rumah yang kehadirannya selalu tidak diinginkan karena bisa membuat lingkungannya terlihat kumuh dan kotor. Sementara itu, beberapa orang yang tertarik dengan tarantula tidak segan-segan memelihara binatang ini di rumah.