1 Perbedaan Utama antara Jalan dan Lari

Apa perbedaan antara jalan dan lari? Kapan kita bisa menyebut suatu gerakan berpindah tempat dengan istilah jalan dan kapan pula gerakan tersebut dapat dinamakan lari? Lantas, apa sih pengertian dan ciri-ciri dari kedua gerakan ini?

perbedaan-jalan-dan-lari.jpg

Ilustrasi

Jalan dan lari merupakan aktifitas gerak tubuh yang bertujuan untuk berpindah tempat dari satu titik ke titik lainnya. Jalan atau berjalan juga dapat diartikan sebagai gerakan maju dan mundur. Sementara lari atau berlari bisa berarti berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Perbedaan yang mendasar antara jalan dan lari terletak pada kontak kaki dengan tanah. Pada gerakan jalan, selalu ada salah satu kaki yang kontak dengan tanah setiap kali melangkah. Sedangkan pada gerakan lari, selalu ada saat di mana kedua kaki tidak kontak dengan tanah alias tubuh melayang setiap kali melangkah.

Ingat, hal yang membedakan jalan dan lari adalah kontak kaki dengan tanah, bukan kecepatan maupun waktu berlangsungnya. Faktanya, jalan pun bisa dilakukan dengan gerakan cepat sebagaimana gerakan dalam lari. Itulah kenapa ada salah satu cabang dalam perlombaan atletik yang dinamakan lomba lari cepat. Jadi, jangan keliru lagi ya!