5 Perbedaan Desa dan Kelurahan yang Sebenarnya

Apa perbedaan antara desa dan kelurahan? Seringkali orang awam menganggap jika pengertian desa dan kelurahan adalah sama. Ternyata, ada perbedaan-perbedaan mendasar lho yang dimiliki oleh kedua kata ini.

perbedaan-desa-dan-kelurahan.jpg

Pemandangan Desa

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), desa adalah kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang mempunyai sistem pemerintahan sendiri. Sementara itu, kelurahan adalah daerah pemerintahan yang terletak di tingkat paling rendah dan dipimpin oleh seorang lurah.

Di bawah ini merupakan perbedaan antara desa dan kelurahan, di antaranya :

  1. Secara garis besar, wilayah desa lebih luas dibandingkan dengan wilayah kelurahan.
  2. Desa merupakan wilayah yang berdiri sendiri, sedangkan kelurahan merupakan wilayah pemerintahan yang berada di tingkat paling rendah yaitu di bawah kecamatan.
  3. Desa dipimpin oleh seorang kepala desa yang dipilih oleh masyarakat setempat dan bukan tergolong pegawai negeri sipil. Kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang ditunjuk oleh pemerintah tingkat kabupaten/provinsi dan tergolong pegawai negeri sipil.
  4. Pada umumnya, jumlah kelurahan di Indonesia lebih banyak daripada jumlah desa.

Jadi, sekarang sudah jelas kan pemahaman anda tentang pengertian dan perbedaan antara desa dan kelurahan. So, jangan salah lagi ya!