7 Perbedaan antara Oven dan Microwave

Apa perbedaan antara oven dan microwave? Selain kompor, di dalam dapur yang bernuansa modern biasanya juga dilengkapi dengan oven dan microwave. Namun karena bentuk dan model kedua perabotan memasak ini hampir sama, banyak orang yang keliru dalam menyebutkannya dengan benar. Bahkan tidak sedikit pula yang menganggap jika microwave dan oven adalah peralatan dapur yang sama.

perbedaan-oven-dan-microwave.jpg

Oven

Berikut ini faktor-faktor yang membedakan oven dan microwave versi Farof, antara lain :

  1. Fungsi oven adalah untuk mematangkan bahan makanan melalui proses pemanggangan. Sementara microwave berguna untuk menghangatkan makanan yang sudah matang. Jika dipaksakan, microwave hanya mampu mematangkan bahan makanan di level setengah matang alias tidak matang sempurna.
  2. Secara garis besar, ukuran microwave lebih kecil daripada oven. Ukuran volume microwave umumnya bisa menampung isi sekitar 20-30 liter. Berbeda dengan oven yang sanggup menampung isi lebih dari 30 liter tergantung spesifikasinya.
  3. Sumber panas di dalam oven berjumlah dua buah yang berada di bagian dasar dan langit-langit perangkat. Sementara itu, sumber panas microwave hanya berada di bagian dasar perangkat saja.
  4. Penggunaan microwave terbilang lebih aman ketimbang oven karena suhu perangkat selalu stabil. Sebaliknya, suhu oven akan sangat panas ketika perabotan ini sedang dioperasikan. Jadi, hati-hati ya saat memasak makanan memakai bantuan oven.
  5. Karena sebatas berguna untuk menghangatkan makanan, waktu pemakaian microwave relatif lebih cepat dibandingkan dengan oven. Lamanya waktu pemakaian dipengaruhi oleh besarnya sumber energi yang dibutuhkan perangkat pada suatu waktu.
  6. Oven bisa mematangkan makanan secara merata dengan tekstur yang renyah dan sesuai keinginan. Tetapi, proses pematangan makanan memakai microwave akan membuat makanan tersebut terasa kering dan mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.
  7. Microwave adalah peralatan dapur yang dijual secara terpisah. Sedangkan oven biasanya dijual bersamaan dengan kompor atau kabinet. Walaupun ada juga oven yang dijual secara mandiri.