7 Perbedaan Karakteristik Jaringan Sel Hewan dan Tumbuhan

Apa perbedaan jaringan sel hewan dan tumbuhan? Jaringan sel adalah bagian struktural dan fungsional makhluk hidup yang menjadi satu kesatuan hereditas untuk mendukung pertumbuhannya. Bisa dibilang, sel adalah organisasi kehidupan yang berukuran paling kecil sehingga sangat mempengaruhi kehidupan yang lebih besar.

perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.jpg

Sel Hewan

Walaupun sama-sama makhluk hidup, karakteristik jaringan sel yang menyusun hewan memiliki perbedaan dengan jaringan tumbuhan. Nah, berikut ini adalah penjelasan dari perbedaan-perbedaan tersebut :

  1. Aspek pertama bisa dilihat dari ada tidaknya dinding yang menyelubungi suatu sel. Jaringan hewan tidak memiliki membran sel, melainkan dilengkapi membran inti. Sedangkan jaringan tumbuhan mempunyai membran sel sehingga bertekstur kaku.
  2. Vakuola adalah bagian sel yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan zat ekskresi. Setiap sel pada tumbuh-tumbuhan mempunyai vakuola di dalamnya. Sementara pada binatang, hanya hewan-hewan tertentu saja yang memiliki vakuola di selnya.
  3. Plastida adalah bagian sel yang berfungsi sebagai tempat pigmen warna. Wujud tanaman berwarna-warni karena selnya dilengkapi plastida. Sebaliknya, sel binatang tidak mempunyai bagian ini.
  4. Sel tumbuhan juga dilengkapi dengan plamodesmata, sedangkan sel hewan tidak ada.
  5. Berbanding terbalik dari poin sebelumnya, sel tumbuhan tidak memiliki bagian sentriol, sedangkan sel hewan memilikinya.
  6. Untuk bagian lisosom, sel hewan memilikinya, sementara sel tumbuhan tidak ada. Bagian ini berfungsi untuk mendukung imunitas jaringan.
  7. Bahan timbunan sel tumbuhan berupa protein dan zat tepung. Sedangkan bahan timbunan sel hewan berupa lemak dan glikogen.