Catat, 5 Perbedaan dari Tumbuhan dan Jamur!

Apa perbedaan antara tumbuhan dan jamur? Berdasarkan ilmu biologi, organisme-organisme di dunia ini dapat dibedakan menjadi lima kingdom/kerajaan. Di antaranya adalah kingdom plantae untuk tumbuh-tumbuhan dan kingdom fungi untuk jamur-jamuran.

perbedaan-tumbuhan-dan-jamur.jpg

Jamur

Bagi orang awam, jamur sering dianggap sebagai tumbuh-tumbuhan karena memiliki bentuk struktur tubuh yang hampir menyerupai tanaman dan tidak bisa bergerak. Faktanya adalah jamur berasal dari kerajaan tersendiri yang berbeda dengan kerajaan tumbuhan, yaitu kingdom fungi. Lantas, apa sih faktor-faktor yang membedakan tumbuhan dengan jamur itu?

  1. Tumbuhan adalah organisme autotroph yang memiliki klorofil sehingga mampu melakukan fotosintesis. Jamur adalah organisme heterotroph yang tidak memiliki klorofil sehingga tidak bisa melakukan proses fotosintesis. Jamur memperoleh makanan dengan menyerap hasil pencernaan enzim melalui substrat.
  2. Struktur tumbuhan terdiri atas batang, akar, bunga, daun, biji, dan buah yang mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing. Sedangkan struktur jamur terdiri dari benang hifa yang saling merajut.
  3. Untuk melakukan reproduksi secara generatif, tumbuhan menghasilkan gamet berupa ovum yang terletak di benang sari dan putik. Sebaliknya jamur tidak bisa menghasilkan gamet, sehingga proses reproduksinya dilakukan dengan peleburan inti sel dan membelah diri.
  4. Dinding sel pada jamur terbuat dari zat khitin. Sementara dinding sel pada tumbuhan terbuat dari lignin dan selulosa.
  5. Sel tumbuhan mengalami proses mitosis dengan pembelahan sel dan pembelahan nukleus. Tetapi proses mitosis pada jamur hanya berupa pembelahan nukleus.