Ini Beda Hadas dan Najis Menurut Agama Islam

Apa perbedaan hadas dan najis menurut agama islam? Sebagai ummat muslim, pasti sudah akrab di telinga kita dengan istilah hadas dan najis. Tapi tahukah anda, apa perbedaan dari keduanya?

perbedaan-hadas-dan-najis.jpg

Berwudhu

Catat ulasan lengkap dari kami berikut ini :

Hadas

Hadas adalah kotoran-kotoran yang menempel di badan manusia. Jadi, orang yang sedang berhadas adalah orang-orang yang sedang tertempeli kotoran di tubuhnya, baik yang kasat mata maupun tidak tampak.

Hadas bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu hadas kecil dan hadas besar. Contoh hadas kecil yaitu buang air kecil, kentut, hilang, akal, dan tidur nyenyak, dapat disucikan kembali dengan berwudhu atau bertayamum. Contoh hadas besar yaitu keluar sperma, haid, dan nifas, dapat disucikan dengan mandi wajib atau bertayamum.

Najis

Najis adalah kotoran-kotoran yang tidak menempel di tubuh manusia, seperti di lantai, pakaian, dinding, dan lain-lain. Dengan kata lain, najis memiliki wujud, warna, rasa, dan aroma yang harus dihilangkan agar suci kembali.

Najis dapat dibedakan menjadi tiga macam antara lain najis mukhoffafah, najis mutawasithoh, dan najis mugholadzah. Contoh najis mukhoffafah yaitu air kencing bayi laki-laki berusia di bawah 2 tahun dan dapat disucikan dengan memercikkan air. Contoh najis mutawasithoh yaitu kotoran tinja, darah, nanah, dan bangkai, dapat disucikan dengan membasuhnya memakai air sampai hilang wujud, bau, rasa, dan warnanya. Contoh najis mugholadzah yaitu air liur dan kotoran anjing dan babi, dapat disucikan dengan mencucinya memakai air sampai 7 langkah, di mana salah satu langkahnya dicampur menggunakan debu tanah yang suci.