Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Di dalam ilmu biologi, kita mengenal peristiwa pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Tahukah anda bahwa kedua peristiwa alam ini benar-benar berbeda. Lantas, apa sajakah perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan? Simak ulasannya dari Farof berikut ini!

pertumbuhan-dan-perkembangan-makhluk-hidup.jpg

Pohon

Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah peristiwa yang dialami oleh semua makhluk hidup, di mana makhluk hidup tersebut mengalami perubahan ukuran yang bersifat inreversibel atau tidak bisa kembali seperti semula. Contoh pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi badan seseorang.

Perkembangan

Perkembangan adalah peristiwa biologis yang terjadi pada semua makhluk berupa perubahan fungsi dan struktur yang bersifat spesifik menuju tahap kedewasaan. Contoh perkembangan adalah perubahan emosi, perubahan pola pikir, dan perubahan ketertarikan.

Perbedaan

Berikut ini merupakan perbedaan-perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, yakni :

  1. Perubahan yang terjadi pada proses pertumbuhan bisa diukur secara matematis, sementara perkembangan tidak bisa diukur.
  2. Pertumbuhan bersifat kuantitatif dan perkembangan bersifat kualitatif.
  3. Biasanya pertumbuhan makhluk hidup terjadi secara cepat mulai dari masa kelahiran hingga remaja, kemudian melambat saat di masa dewasa sampai tua. Sedangkan perkembangan berlangsung secara cepat di setiap masa/fase kehidupan makhluk hidup.
  4. Pertumbuhan makhluk hidup mempunyai batasan terhadap usia. Di sisi lain, perkembangan makhluk hidup tidak memiliki batasan usia sama sekali.

Jadi, sekarang anda pasti sudah mengerti perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan kan? Silahkan kirimkan pertanyaan pada kolom di bawah apabila masih ada hal-hal yang belum anda pahami. Terima kasih banyak sudah berkunjung.