Ini Dia Perbedaan antara Blog dengan Website

Tahukah kamu, apa kira-kira perbedaan antara blog dan website? Di era digital seperti saat ini, perkembangan blog dan website di Indonesia terbilang sangat pesat. Hampir semua orang kini mempunyai blog-blog pribadinya. Namun hanya beberapa saja yang serius membuat blog dan mengembangkannya menjadi website.

perbedaan-blog-dan-website.jpg

World Wide Web

Blog

Blog adalah singkatan dari web log. Blog digunakan sebagai sarana menulis digital dan mempublikasikannya secara online. Pada umumnya, isi blog berupa tulisan artikel dengan topik yang bermacam-macam, meliputi gaya hidup, pengalaman, tips, berita, teknologi, berkebun, dan lain-lain. Karena sebatas dipakai untuk menyalurkan hobi menulis, blog juga bersifat bebas. Aktifitas blog biasanya dilakukan dengan memanfaatkan layanan gratis, di antaranya blogger, wordpress, tumblr, blogdetik, dan livejournal.

Website

Secara singkat, website bisa diartikan sebagai blog yang bersifat profesional. Website biasanya dipakai untuk sarana berbisnis, baik content-based, portfolio, toko online, maupun layanan berbayar. Website memanfaatkan TLD (Top Level Domain) tertentu sebagai alamatnya. Karena ditujukan untuk keperluan bisnis, isi website dipertimbangkan secara matang dan memuat kategori tertentu. Contoh website antara lain www.arafuru.com dan www.bahureksa.com.

Kesimpulan

Dari uraian pendek di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan antara blog dengan website yaitu :

  1. Blog adalah sarana hobi dan website adalah sarana bisnis.
  2. Blog bersifat pribadi, sementara website bersifat profesional.
  3. Blog bisa didapatkan secara gratis, sedangkan untuk membangun harus mengeluarkan anggara tertentu.
  4. Blog membahas berbagai artikel dengan topik yang menarik, tetapi website berfokus pada satu topik.
  5. Biasanya desain suatu website lebih elegan daripada desain blog untuk meningkat otoritasnya.