Mau Tahu Perbedaan dari Lompat dan Loncat?

Apa perbedaan antara lompat dan loncat? Kebanyakan orang menganggap gerakan lompat dan gerakan loncat adalah sama. Tapi faktanya, kedua gerakan ini memiliki perbedaan-perbedaan yang mendasar. Apakah itu?

perbedaan-lompat-dan-loncat.jpg

Lompat Jauh

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat adalah bergerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah lalu ke atas) dan dengan cepat menurunkannya lagi. Lompat juga bisa diartikan sebagai melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau. Sedangkan arti loncat menurut KBBI adalah lompat dengan kedua kaki bersama.

Dari uraian singkat di atas, maka bisa disimpulkan bahwa pengertian dan perbedaan antara lompat dan loncat antara lain :

  • Lompat adalah gerakan melompat ke depan yang dimulai dengan memanfaatkan satu kaki sebagai tumpuan. Jadi, saat melompat digunakan satu kaki, entah kaki kanan atau kaki kiri, untuk bertolak ke depan. Contoh pertandingan nomor lompat dalam atletik di antaranya lompat jauh, lompat tinggi, dan lain-lain.
  • Loncat adalah gerakan meloncat ke depan yang dimulai dengan memanfaatkan dua kaki sebagai tumpuan. Jadi, saat melompat digunakan dua kaki untuk bertolak ke depan. Contoh pertandingan nomor loncat dalam atletik di antaranya loncat harimau, loncat indah, loncat galah, dan lain-lain.

Berarti sekarang anda sudah mengerti kan apa perbedaan dari lompat dan loncat? So, jangan salah lagi ya!