6 Perbedaan Unik antara Mie dan Spaghetti

Mie dan spaghetti dikenal sebagai makanan-makanan yang paling populer di dunia. Ada banyak sekali orang-orang yang menyukai kedua makanan ini. Bahkan tidak jarang, mie dan spaghetti pun menjadi makanan favorit bagi sebagian besar pecinta kuliner.

perbedaan-mie-dan-spaghetti.jpg

Mie

spaghetti.jpg

Spaghetti

Asal Usul

Mie adalah makanan khas Daratan China. Mie sudah tercipta sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Selanjutnya, mie diperkenalkan oleh para pedagang ke Eropa dan kemudian terciptalah spaghetti di Italia. Mie sangat disukai oleh masyarakat di dunia timur, sedangkan spaghetti merupakan makanan favorit warga di dunia barat.

Bentuk

Sekilas, antara mie dan spaghetti tidak memiliki perbedaan bentuk yang signifikan. Keduanya berukuran panjang dan berbentuk silinder. Tapi tahukah anda, tingkat ketebalan mie lebih tipis daripada spaghetti.

Cara Makan

Cara makan sesuai etiket antara mie dan spaghetti juga berbeda lho. Secara tradisional, mie dimakan dengan mengambilnya memakai sumpit. Di sisi lain, spaghetti diambil menggunakan garpu.

Bahan Pembuat

Pada umumnya, mie dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa tepung terigu, di mana tepung yang terbaik berasal dari gandum durum. Tetapi, bahan pembuat mie sangat bervariasi. Selain tepung teringu, mie juga bisa dibuat dengan memanfaatkan tepung pati, tepung beras, tepung kentang, dan tepung canna. Bahkan saat ini mulai bermunculan mie-mie yang terbuat dari bahan makanan organik dan sayur-mayur.

Pengolahan dan Penyajian

Mie dimasak dengan cara direbus di dalam air atau kaldu selama beberapa saat, lalu disajikan dengan menambahkan seafood, daging, sayuran, dan lain-lain. Beberapa orang juga menggunakan mie sebagai bahan dasar untuk membuat olahan makanan lain seperti mie salad, mie goreng, dan lumpia mie. Sementara itu, spaghetti direbus memakai air bercampur garam dan minyak, lalu disajikan bersama topping seperti saus, daging, keju, herbal, dan lain-lain.

Jenis-jenis

Lambat laun perkembangan mie dan spaghetti melahirkan jenis-jenis yang baru. Sebagai contoh variasi mie seperti cha, lamian, mee pok, nokedli, shirataki, dan somen. Sedangkan jenis-jenis spaghetti di antaranya spaghettini dan spaghettoni.