Apa Bedanya Ban dengan Roda ya?

Pernahkah anda merasa penasaran tentang apa perbedaan antara ban dan roda? Ban dan roda akrab sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana tidak karena kedua benda ini selalu digunakan oleh kendaraan-kendaraan pribadi sebagai penahan beban, penerus kinerja mesin, pengurang guncangan, dan penerus kemudi kendaraan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ban adalah benda bulat dari karet yang dipasang melingkar pada roda. Sedangkan roda adalah benda bundar dan berlingkar yang biasanya memiliki jeruji. Dalam bahasa inggris, ban disebut tire sementara roda dinamakan wheel. Masyarakat sekarang juga menyebut roda dengan istilah velg.

ban-dan-roda.jpg

Ban

perbedaan-ban-dan-roda.jpg

Roda

Di bawah ini perbedaan-perbedaan yang dimiliki ban dengan roda versi Farof, antara lain :

  1. Ban bertekstur empuk karena terbuat dari karet. Tetapi, roda bertekstur keras sebab terbuat dari campuran besi, baja, alumunium, dan logam lainnya.
  2. Ban menempel pada roda. Sedangkan, roda ditempeli ban dan menempel pada poros kendaraan.
  3. Ban berbentuk lingkaran menyerupai donat dengan bagian tengah yang kosong. Di sisi lain, bentuk roda adalah lingkaran dengan jari-jari di tengah-tengahnya.

Jadi, sekarang sudah paham kan apa bedanya ban dengan roda? Kalau masih bingung, anda bisa menyamakan kata roda dengan kata velg yang lebih sering dipakai. Jangan salah menyebutnya lagi ya!