Ini Dia 3 Perbedaan Lup dan Mikroskop

Di dalam biologi, kita mengenal lup dan mikroskop sebagai alat optik untuk memperbesar bayangan suatu benda. Tahukah kamu, kedua alat ini sama-sama dilengkapi dengan lensa cembung. Tetapi, apa sih perbedaan dari lup dan mikroskop itu?

perbedaan-lup-dan-mikroskop.jpg

Mikroskop

Di bawah ini perbedaan-perbedaan yang dimiliki antara lup dan mikroskop :

Jumlah Lensa

Antara lup dan mikroskop sama-sama dilengkapi dengan lensa cembung. Yang membedakan adalah lup menggunakan lensa cembung berjumlah tunggal. Sedangkan, mikroskop memakai lensa cembung berjumlah ganda yang dinamakan lensa objektif dan lensa okuler.

Sifat Bayangan

Bayangan yang dihasilkan oleh lup dan mikroskop juga memiliki sifat yang berbeda. Pada lup, hasil bayangan bersifat nyata, tegak, dan diperbesar. Sementara pada mikroskop, bayangannya bersifat maya, terbalik, dan diperbesar.

Kemampuan Pembesaran

Karena dirancang secara sederhana, kemampuan pembesaran lup hanya bisa dilakukan beberapa belas kali. Sebaliknya, mikroskop mampu menghasilkan pembesaran hingga ribuan kali dari ukuran objek sebenarnya tergantung titik api kedua lensa. Inilah kenapa kita bisa melihat wujud bakteri, virus, dan mikro organisme lainnya dengan jelas melalui mikroskop.