Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket!

Etika dan etiket merupakan aturan-aturan terkait nilai dan norma yang mengatur perbuatan yang harus dilakukan oleh manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Dari sini bisa disimpulkan kalau etika berkaitan dengan sikap dan perilaku setiap orang agar bisa dikatakan beretika.

perbedaan-etika-dan-etiket.jpg

Ilustrasi

Kali ini Farof akan membahas tentang perbedaan antara etika dan etiket secara lengkap!

  1. Etika mengatur cara melakukan suatu perbuatan sekaligus memberikannya norma, contoh jangan mencuri baik memakai tangan kanan maupun tangan kiri. Etiket mengatur tata cara suatu perbuatan harus dilakukan, contoh memberikan sesuai harus memakai tangan kanan.
  2. Etika selalu berlaku dalam situasi apapun, baik saat sendiri maupun bersama orang lain. Misalnya tidak boleh membuang sampah sembarangan. Etiket hanya berlaku saat kita bersama orang lain, sedangkan ketika sendiri etiket tidak berlaku. Misalnya makan bersama sambil mengangkat kaki melanggar etiket, sedangkan jika makan sendiri sambil mengangkat kaki tidak melanggar etiket.
  3. Etika bersifat absolut artinya berlaku di tempat manapun, contohnya jangan membunuh dan jangan mencuri. Etiket bersifat relatif, artinya hal yang dianggap buruk bisa disebut baik di tempat lain, contohnya makan sambil bersendawa dan makan memakai tangan.
  4. Etika memandang seseorang dari dalam, misalnya gemar menolong orang lain. Etiket memandang seseorang dari luar, misalnya ramah.