3 Perbedaan Premium, Petralite, Petamax, dan Pertamax Plus

Apa perbedaan Premium, Petralite, Pertamax, dan Pertamax Plus? Tersedia empat pilihan bahan bakar untuk kendaraan bermotor yang saat ini diproduksi oleh Pertamina. Di antaranya yaitu Premium, Pertamax, dan Pertamax Plus. Petralite hadir paling baru yang diisukan merupakan bahan bakar kombinasi dari Premium dan Pertamax.

perbedaan-premium-Petralite-Pertamax-Pertamax-plus.jpg

SPBU

Agar tak bingung dalam memilih bahan bakar yang tepat dan sesuai, simak ulasan perbedaan khas Farof berikut ini :

Nilai Oktan

Nilai oktan menyatakan kekuatan kompresi bahan bakar terhadap mesin. Teorinya, semakin tinggi nilai oktan yang terkandung di suatu bahan bakar maka kinerja mesinnya pun akan semakin baik. Premium memiliki nilai oktan sebesar 88 dan Petralite mempunyai RON yaitu 90. Sedangkan nilai oktan Pertamax dan Pertamax Plus masing-masing adalah 92 dan 95.

Warna Cairan

Warna cairan keempat jenis bahan bakar ini juga berbeda-beda. Premium memiliki warna yang kuning cerah karena ditambahkan zat pewarna dye. Sementara itu, warna Pertamax adalah biru dan warna Pertamax Plus ialah merah. Karena merupakan kombinasi Premium dan Pertamax, warna Petralite yaitu hijau.

Harga Jual

Kualitas yang berbeda-beda membuat harga Premium, Petralite, Pertamax, dan Pertamax Plus berbeda pula. Di SPBU, harga Premium pada Juli 2015 adalah Rp7.300/liter. Sedangkan harga Pertamax yaitu mulai dari Rp9.300/liter dan harga Pertamax Plus mulai dari Rp10.550/liter. Untuk harga Petralite dalam masa promosi adalah sebesar Rp8.300/liter dengan harga normal Rp8.700/liter.