Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar?

Apa perbedaan gerabah dan tembikar? Mungkin pertanyaan tersebut yang kini tengah berputar-putar di kepala anda. Yap, gerabah dan tembikar memang dua kerajinan tangan yang berbeda. Apa sih yang membedakannya?

Indonesia kaya akan kerajinan-kerajinan tangan tradisional yang terbuat dari tanah liat. Dua di antaranya yang paling tersohor adalah gerabah dan tembikar. Namun karena memiliki bentuk yang seragam, banyak masyarakat yang mengaku kesulitan dalam membedakan kedua kerajinan tangan ini.

Gerabah

gerabah-dan-tembikar.jpg

Gerabah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerabah adalah alat-alat dapur yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar. Para perajin gerabah biasanya membentuk berbagai macam perabotan seperti kendi, belanga, dan lain-lain. Penggunaan gerabah lebih ditujukan untuk diambil fungsinya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, gerabah tampil apa adanya tanpa finishing pemanis dan hanya berwarna cokelat tanah.

Tembikar

tembikar.jpg

Tembikar

Pengertian tembikar menurut KBBI adalah barang dari tanah liat yang dibakar dan berlapis gilap (pengkilap red.). Bentuk-bentuk tembikar beraneka rupa seperti guci, vas, dan pot. Fungsi tembikar yang utama yaitu sebagai aksesoris ruangan. Karena memiliki tampilan yang indah dan berestetika tinggi, tembikar seringkali dipajang di ruangan.

Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan gerabah dan tembikar terletak pada fungsinya. Gerabah digunakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan. Sedangkan tembikar dipakai sebagai penghias ruangan.