Apa Perbedaan MP3 dan MP4?

Di era modern ini, perubahan terjadi begitu cepat sekali. Begitupun dengan teknologi audio video, selama bertahun-tahun MP3 mendominasi format pasar musik dan kini muncul MP4.

Sekilas, penamaan MP3 dan MP4 terlihat sangat mirip dan mengisyaratkan bahwa MP4 adalah pengembangan dari MP3. Namun tidak hanya itu, sejatinya MP3 dan MP4 adalah dua ekstensi format file yang berbeda dengan sejarah pengembangan dan kegunaannya masing-masing. Berikut ini penjabaran secara lengkap dari Farof!

MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3)

perbedaan-mp3-dan-mp4.jpg

MP3 Player

MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3) adalah salah satu standarisasi format kompresi yang digunakan untuk file berbentuk audio. MP3 diciptakan untuk mengefektifkan suatu file audio dengan membuang suara-suara yang tidak bisa didengar oleh manusia karena berfrekuensi terlalu rendah atau terlalu tinggi sehingga ukuran file menjadi lebih kecil. Teknologi yang ditanamkan pada MP3 adalah psychoacoustic yang juga sekaligus berguna untuk meningkatkan kualitas file audio menjadi lebih jernih. Alat yang digunakan untuk memainkan file MP3 disebut MP3 Player.

MP4 (MPEG-4 Part 14)

mp4-player.jpg

MP4 Player

MP4 (MPEG-4 Part 14) adalah salah satu format ekstensi untuk file berbentuk audio dan/atau video. Karena bersifat kontainer, MP4 tidak terikat dengan standar pengkodean informasi baik audio maupun video. Sebaliknya, sistem codec akan mendeskripsikan bagaimana audio dan/atau video akan dikodekan dan dikompresi.

Jadi, apa perbedaan antara MP3 dan MP4?

  1. MP3 adalah format khusus untuk audio, sedangkan MP4 adalah format untuk audio, video, dan/atau teks.
  2. MP3 dan MP4 memiliki sistem pengkodean yang berabeda sehingga suatu MP3 Player tidak bisa memainkan file MP4, begitupun MP4 Player tidak bisa memutar file MP3 kecuali ada penambahan dukungan tersendiri.
  3. Rata-rata ukuran file MP4 jauh lebih besar daripada file MP3 dalam durasi dan kualitas yang sama.