Inilah Perbedaan antara Jaket, Sweater, dan Hoodie

Sampai saat ini, banyak sekali orang yang sulit membedakan jaket, sweater, dan hoodie. Pasalnya, ketiga bentuk pakaian ini nyaris sama. Begitupun dengan fungsinya yang juga sama-sama sebagai pelengkap berbusana. Walaupun begitu antara jaket, sweater, dan hoodie adalah tiga model pakaian yang berbeda. Apa sajakah hal-hal yang membedakannya?

Jaket

perbedaan-jaket-sweater-hoodie.jpg

Jaket

Jaket adalah baju luar lengan panjang yang tebal dan berukuran sampai ke pinggang. Fungsi utama jaket adalah untuk melindungi tubuh dari cuaca yang ekstrim. Dalam pemakaiannya, jaket digunakan dengan menutupi baju dan tidak bersentuhan langsung terkena kulit. Jaket yang berukuran panjang lebih dari pinggang dinamakan mantel.

Sweater

perbedaan-sweater-jaket-dan-hoodie.jpg

Sweater

Sekilas penampilan sweater ini mirip sekali dengan jaket, yakni berlengan panjang dan berukuran sampai pinggang. Yang membedakan adalah bahan baku pembuatan sweater itu sendiri. Berbeda dengan jaket yang dibuat dari kain yang tebal dan kaku, pilihan bahan kain sweater lebih banyak seperti wol, katun, dan campuran karena sweater berguna untuk menghangatkan tubuh. Beberapa sweater juga dihadirkan tanpa lengan yang selanjutnya disebut rompi sweater.

Hoodie

perbedaan-antara-hoodie.jpg

Hoodie

Hoodie bisa disebut sebagai sweater bertopi yang dilengkapi tali untuk menyesuaikan ukurannya. Beberapa sweater juga dilengkapi dengan kantong di bagian depan dan samping. Selain model langsung pakai, ada juga hoodie yang dirancang menggunakan resleting dan kancing. Hoodie biasanya dikenakan untuk kegiatan informal seperti berolahraga dan berjalan-jalan.