Nah, Ini 3 Perbedaan Smartphone dan Tablet

Yakin anda belum mengetahui perbedaan antara smartphone dan tablet? Perkembangan dunia teknologi khususnya telepon seluler terbilang pesat sekali. Di satu sisi inovasi teknologi terus ditingkatkan, pun model telepon kini juga bermacam-macam.

Di antara ponsel yang sangat populer saat ini adalah smartphone dan tablet. Persamaan dari kedua jenis telepon pintar ini adalah sama-sama memiliki layar yang berteknologi touchscreen alias sentuhan. Namun tahukah anda, apa perbedaan dari smartphone dan tablet?

perbedan-smartphone-dan-tablet.jpg

Telepon Seluler

Berikut perbedaan-perbedaan smartphone dan tablet versi Farof selengkapnya :

Kegunaan

Meskipun secara fisik bentuk keduanya hampir sama, tetapi fungsi dasar smartphone dan tablet cukup berbeda. Smartphone adalah ponsel pintar yang berfungsi selayaknya telepon dengan kombinasi fungsi komputer. Jadi, smartphone bisa digunakan untuk menelepon dan bekerja dengan nyaman. Sedikit berbeda, kegunaan utama tablet adalah sebagai perangkat multimedia. Walaupun tablet bisa dipakai untuk menelepon, tetapi terasa kurang nyaman. Idealnya tablet digunakan untuk menonton film, bermain game, atau berselancar di internet.

Ukuran

Ukuran yang dimiliki smartphone dan tablet juga berbeda jauh. Smartphone tampak lebih kecil dibandingkan dengan tablet yang memiliki bodi bongsor. Rata-rata layar smartphone saat ini berukuran 5-6 inci. Hal ini membuatnya nyaman dioperasikan, serta praktis dibawa dan disimpan. Sedangkan ukuran layar tablet jauh lebih besar daripada smartphone. Bahkan ada pula tablet yang ukuran layarnya sama seperti layar komputer.

Spesifikasi

Sebenarnya, faktor spesifikasi ini bergantung kembali pada masing-masing produsen pembuat ponsel, apakah ingin menciptakan ponsel high-end atau low-end. Tapi jika ditarik secara garis besar, spesifikasi smartphone lebih canggih dibandingkan dengan tablet dalam seri yang sama. Smartphone selalu ditanami dengan prosesor berotak banyak, RAM yang besar, dan kamera beresolusi tinggi. Sementara itu, pengembangan tablet biasanya lebih difokuskan pada kualitas layar dan kapasitas baterai tablet tersebut.