6 Perbedaan antara Lumpia dan Risoles

Lumpia dan risoles adalah makanan ringan yang banyak memiliki penggemar. Ini dikarenakan kedua cemilan tersebut mempunyai citarasa yang legit dan sangat nikmat. Lumpia dan risoles bisa disajikan begitu saja, dihidangkan dengan saus, atau dimakan bersama potongan cabai rawit.

Karena bentuknya nyaris sama, tidak sedikit orang yang kesulitan membedakan mana lumpia dan mana risoles. Mereka yang keliru dalam memilinya tentu akan merasa kecewa terhadap apa yang telah dibeli. Biar anda tidak salah lagi, yuk cari tahu perbedaan selengkapnya antara lumpia dan risoles :

LUMPIA

gambar-lumpia.jpg

Lumpia

Lumpia adalah cemilan berupa dadar yang diisi rebung, daging, dan sebagainya lalu digulung. Lumpia yang digoreng disebut lumpia kering, sedangkan lumpia yang dikukus disebut lumpia basah. Modifikasi lumpia memungkinkan isinya bisa dibuat dari aneka bahan, termasuk buah-buahan. Lumpia berbentuk silinder, lonjong, dan berisi penuh. Kulit lumpia lebih tipis dan lebih kaku karena menggunakan air sebagai pengencer adonan kulit.

RISOLES

gambar-risoles.jpg

Risoles

Risoles adalah panganan berupa dadar yang diisi dengan potongan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, dan sebagainya lalu digulung pipih dan ditaburi tepung panir kemudian digoreng. Risoles juga juga bisa diisi dengan daging, seafood, atau buah-buahan. Kulit risoles dibuat dengan menambahkan susu ke dalam adonan sehingga bertekstur lebih lembut. Rasa risoles dominan ke gurih agak manis.

Di bawah ini penjelasan mengenai perbedaan lumpia dan risoles versi Farof, antara lain :

  1. Bentuk lumpia adalah silinder lonjong dan risoles berbentuk pipih.
  2. Berbeda dengan risoles yang diselubungi tepung panir, lumpia tidak menggunakannya.
  3. Dalam resep aslinya, lumpia berisi rebung tetapi risoles berisi potongan kentang dan wortel.
  4. Kulit risoles mempunyai tekstur yang lebih lembut dan lebih tebal daripada kulit lumpia.
  5. Lumpia bisa dikukus dan digoreng, sedangkan risoles harus digoreng.
  6. Rasa lumpia dominan ke gurih, sementara risoles terasa gurih-gurih manis.