6 Perbedaan Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6

Di dunia telepon selular, Samsung dan Apple telah mendominasi pasar di satu dekade terakhir. Keduanya sama-sama mampu mempersembahkan produk yang dapat memenangkan hati konsumen, menjaga loyalitas penggemar, dan selalu menghadirkan inovasi. Samsung dengan Galaxy-nya dan Apple dengan iPhone-nya.

perbedaan-apple-iphone-samsung-galaxy.jpg

Samsung Galaxy S6 dan Apple iPhone 6

Pertarungan sengit yang terjadi antara Apple dan Samsung dimulai sejak ponsel Samsung i7500 diluncurkan pada 2009 atau dua tahun setelah Steve Jobs memperkenalkan generasi pertama dari iPhone. Perebutan pasar yang sangat sengit ini terus berlanjut hingga 2015, di mana Apple memiliki senjata iPhone 6 dan Samsung mempunyai jagoan Galaxy S6.

Jika anda merasa penasaran apa sih perbedaan antara iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6, simak uraian berikut ini :

1. Faktor Desain

Galaxy S6 adalah sebuah ponsel pintar kebanggaan dari Samsung yang memiliki body dengan sentuhan dan cahaya berkualitas premium. Casing-nya terbuat dari flat alumunium dan ada lapisan Gorila Glass di belakangnya. Pada bagian bawah terdapat port untuk USB, speaker, dan headphone jack dengan non-removable baterai. Pilihan warnanya yaitu Blue Topaz, White Pearl, Gold Platinum, dan Black Sapphire.

iPhone 6 adalah smartphone yang terbungkus casing alumunium dengan desain yang menawan dan terproteksi dengan baik. Warna yang tersedia adalah Silver, Gold, dan Space Grey. Lebih ringan daripada Galaxy S6 yang berbobot 138 gram, bobot iPhone 6 seberat 129 gram.

2. Faktor Layar

Galaxy S6 hadir dengan layar yang berukuran lebar mencapai 5,1 inci. Layar ini berjenis Quad HD dengan tingkat resolusi 1440 x 2560 piksel dan ketajaman 577 ppi. Tentu saja kualitas grafis yang dihasilkan untuk foto dan video sangat jernih.

Layar iPhone 6 memiliki keunggulan pada ketajaman angle dan kualitas warna yang ditampilkan. Ukurannya selebar 4,7 inci untuk iPhone 6 dan 5,5 inci untuk iPhone 6 Plus. Jenis layar iPhone 6 adalah layar Full HD. Resolusinya adalah 750 x 1334 piksel dengan tingkat ketajaman 326 ppi.

3. Faktor Performa

Samsung Galaxy S6 memanfaatkan chipset Snapdragon 810 yang berbasis 64-bit. Prosesor yang digunakan berupa Octa-core, di mana empat core-nya memiliki kecepatan 2,5 GHz dan empat core lainnya sanggup melaju 2,1 GHz. Ponsel ini juga menggunakan RAM berkapasitas 3 GB dari jenis DDR4.

Apple iPhone 6 dipersenjatai prosesor CPU A8 tipe Dual-core. Kecepatan prosesor tersebut sanggup berlari hingga 1,4 GHz dan berbasis 64-bit. Dukungan RAM sebesar 1 GB dan chipset grafis M8 juga turut mengemas performa yang mengagumkan.

4. Faktor Kamera

Galaxy S6 disertai kamera berkekuatan 16 megapiksel dengan lensa f1.9 wide-angle. Kamera ini dilengkapi ini sensor infrared untuk menghasilkan keseimbangan gambar yang dibidik. Untuk pembuatan video, kamera ini sanggup merekam video dengan resolusi hingga 4k. Samsung Galaxy S6 juga dihiasi dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dari model real-time HDR.

Apple iPhone 6 menawarkan kamera kekuatan 8 megapiksel. Saat merekam video, iPhone 6 dapat menghasilkan video berkualitas 240 fps dan beresolusi 1080p. Untuk kamera bagian depannya, iPhone 6 didukung oleh perangkat berkekuatan 1,2 megapiksel.

5. Faktor Fasilitas

Samsung Galaxy S6 dilengkapi perangkat wireless terbaru seperti WiFi, GPS, Bluetooth 4.0. Ponsel ini juga memiliki scanner untuk sidik jari sehingga lebih mudah dioperasikan. Ada juga fasilitas infrared blaster yang bisa difungsikan untuk remot TV, AC, dan perangkat elektronik lainnya. Terdapat layanan Samsung Pay service untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada penggunanya.

Apple iPhone 6 juga didukung oleh perangkat wireless paling mutakhir. Mulai dari WiFi, GPS, dan Bluetooth 4.0 memperkuat kinerja dari ponsel ini. Meskipun dilengkapi scanner untuk sidik jari, iPhone 6 tidak menyertai fitur infrared blaster. Namun di Apple Pay service, pengguna bisa memanfaatkan layanan NFC untuk kemudahannya.

6. Faktor Harga

Baik Galaxy S6 maupun iPhone 6 tersedia dalam bermacam-macam pilihan seri dan harga yang bervariasi. Samsung Galaxy S6 dibandrol dengan harga sekitar $800 untuk 32 GB, $900 untuk 64 GB, dan $1,000 untuk 128 GB. Sedangkan untuk Apple iPhone 6 harganya mulai dari iPhone 6 $649, $749, sampai $849 untuk model 16 GB, 64 GB, dan 128 GB.