8 Perbedaan antara Cumi-cumi, Sotong, dan Gurita

Cumi-cumi, sotong, dan gurita adalah binatang laut yang bertulang lunak dan memiliki tentakel di kepalanya. Ini dikarenakan ketiga hewan tersebut sama-sama berasal dari kelas Cephalopoda dan filum Mollusca. Tapi tahukah anda kalau cumi-cumi, sotong, dan gurita adalah hewan yang berbeda satu sama lainnya?

Cumi-cumi

perbedaan-cumi-cumi.jpg

Cumi-cumi

Cumi-cumi adalah binatang dari ordo Teuthida yang memiliki bentuk tubuh silinder memanjang agak meruncing dengan cangkang berbentuk tangkai di dalam tubuhnya. Tentakelnya ada sebanyak 10 buah yang terdiri dari 8 tentakel lengan dan 2 tentakel panjang. Terdapat sepasang sirip di ujung ekornya yang membantu cumi-cumi berenang di air laut. Cumi-cumi merupakan karnivora yang makan dengan mencabik dan menelan mangsanya. Untuk bersembunyi dari penglihatan predator, cumi-cumi hanya mampu mengeluarkan tinta dan mengubah warna kulit.

2. Sotong

perbedaan-sotong.jpg

Sotong

Sotong adalah binatang laut dari ordo Sepiida yang memiliki cangkang dari zat kapur dan menyerupai perisai. Tubuh sotong berbentuk memanjang dan agak pipih yang memiliki 10 buah tentakel. Terdapat sepasang sirip di leher dan ekor sotong yang membantunya berenang. Untuk menghindari para predatornya, sotong umumnya akan menyemprotkan tinta hitam, mengubah warna tubuh, dan menyamarkan tekstur kulitnya. Cara sotong memakan mangsanya adalah dengan mencabik dan menelannya.

Gurita

gambar-gurita.jpg

Gurita

Gurita adalah binatang laut dari ordo Octopoda yang mempunyai 8 buah tentakel berukuran panjang. Bentuk tubuhnya pendek dan sedikit membulat. Gurita tidak memiliki sirip dan tidak bercangkang, kecuali spesies gurita jumbo dari genus Grimpoteuthis. Selain berenang, gurita juga dapat bergerak dengan merayap di dasar laut. Kebanyakan gurita memangsa buruannya dengan cara menghisap cairan tubuh. Gurita mengelabui predatornya dengan mengeluarkan tinta hitam, mengubah warna tubuh, dan menyamarkan tekstur kulit.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan-perbedaan antara cumi-cumi, sotong, dan gurita yaitu :

  1. Cumi-cumi bertubuh panjang agak meruncing, sotong berukuran pendek dan membulat, serta gurita berbentuk pendek membulat dengan tentakel yang panjang.
  2. Ukuran tentakel gurita adalah yang paling panjang dibandingkan cumi-cumi dan sotong.
  3. Jumlah tentakel cumi-cumi dan sotong sebanyak 10 buah, sedangkan jumlah tentakel gurita adalah 8 buah.
  4. Cumi-cumi memiliki sepasang sirip di ujung ekornya, sotong mempunyai sepasang sirip dari leher sampai ujung ekor, dan gurita sama sekali tidak memiliki sepasang sirip.
  5. Untuk bergerak, cumi-cumi dan sotong selalu berenang, sedangkan gurita mampu berenang dan merayap.
  6. Selain menyemprotkan cairan tinta berwarna hitam, cumi-cumi sanggup mengubah warna kulit, sementara sotong dan gurita mampu merubah warna dan tekstur kulit untuk mengelabui predatornya.
  7. Cumi-cumi mempunyai cangkang berbentuk tangkai, cangkang sotong berbentuk pipih dan menyerupai perisai, tetapi gurita tidak memiliki cangkang di dalam tubuhnya.
  8. Antara cumi-cumi dan sotong melahap buruannya dengan mencabik dan menelan daging mangsanya, sedangkan gurita menyedot cairan tubuh mangsanya.