Hal-hal yang Membedakan Baking Soda dan Baking Powder

Apakah anda belum mengetahui perbedaan baking soda dan baking powder? Bagi anda yang hobi memasak, pernahkah anda membuat roti dan kue? Salah satu bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan kuliner yang manis ini adalah baking soda dan atau baking powder. Tapi, tahukah anda apa hal-hal yang membedakan baking soda dan baking powder?

perbedaan-baking-soda-dan-baking-powder.jpg

Baking Soda dan Baking Powder

Baking soda dan baking powder dikenal sebagai bahan yang sangat penting untuk membuat kue. Keduanya sama-sama memiliki fungsi sebagai bahan pengembang adonan sehingga teksturnya menjadi lebih halus. Selain baking powder dan baking soda, dikenal pula bahan pengembang lain yang organik yaitu ragi.

Nah, berikut adalah perbedaan-perbedaan antara baking soda dengan baking powder versi Farof :

Baking Soda

Baking soda atau biasa dinamakan juga soda kue terbuat dari seratus persen Natrium Bikarbonat. Di pasaran, Natrium Bikarbonat juga dikenal dengan Sodium Bikarbonat. Prinsip kerjanya adalah ketika baking soda ditambahkan ke dalam adonan yang mengandung asam dari cokelat, susu, yoghurt, dan mentega, maka keduanya akan saling bereaksi. Hasilnya adonan pun mengembang secara cepat dan harus sesegera mungkin dioven/dikukus supaya tetap mengembang sempurna. Penggunaan baking soda yang berlebihan akan menimbulkan rasa agak pahit di kue yang telah dibuat.

Baking Powder

Baking powder adalah bahan pengembang kue yang terbuat dari Sodium Bikarbonat dan Sodium Asam Pirofosfat. Jadi walaupun adonan nantinya tidak ditambahi bahan-bahan yang bersifat asam, adonan tetap bisa mengembang dengan baik karena kandungan pada baking powder yang sudah memungkinkannya bereaksi mengembang. Di pasaran, baking powder ada dua macam yaitu baking powder yang cepat bereaksi dan baking powder yang lambat bereaksi. Kelebihan dari baking powder adalah tidak mempengaruhi rasa kue dan tidak menimbulkan pahit yang signifikan.

Mana yang Paling Baik?

Untuk menentukan bahan pengembang kue mana yang paling baik, anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan karena baking soda dan baking powder mempunyai fungsi tersendiri. Jika anda ingin membuat kue yang lembut dan halus dengan tambahan telur, susu, mentega, atau yoghurt maka sebaiknya gunakan baking soda. Namun jika anda ingin membuat kue-kue kering, pakailah baking powder agar hasil kuenya lebih maksimal.