Ini Lho Perbedaan Agar-agar, Jelly, dan Puding

Agar-agar, jelly, dan puding adalah tiga makanan pencuci yang terkenal akan kelezatan citarasanya. Baik agar-agar, jelly, maupun puding sama-sama memiliki tekstur yang kenyal di mulut. Ketiganya juga terbuat dari rumput laut sehingga mengandung serat yang cukup tinggi.

Walaupun begitu, sebaiknya anda jangan langsung menganggap kalau agar-agar, jelly, dan puding adalah penganan yang sama. Meskipun secara fisik terlihat cukup persis, ada perbedaan mencolok terkait bahan baku, pembuatan, dan citarasa makanan-makanan ringan ini. Apa saja ya?

Agar-agar

agar-agar-jelly-dan-puding.jpg

Agar-agar

Agar-agar merupakan penganan ringan yang dibuat dari ganggang laut. Kebanyakan ganggang yang digunakan adalah rumput laut merah dari keluarga Rhodophyceae. Agar-agar memiliki tekstur yang kenyal, padat, dan agak keras. Merk agar-agar yang terkenal di Indonesia yaitu swall*w.

Jelly

gambar-agar-agar-jelly-dan-puding.jpg

Jelly

Sama seperti agar-agar, bahan dasar pembuatan jelly juga berupa rumput laut. Ganggang yang biasanya dipakai untuk diolah menjadi jelly berasal dari jenis karaginofit misalnya Eucheuma sp, Chondrus sp, Hypnea sp, dan Gigartina sp. Oleh sebab itu, tekstur jelly ini sangat kenyal dan gampang dihancurkan. Produk dagang jelly yang tersohor di Indonesia yaitu n*trijel.

Puding

beda-agar-agar-jelly-dan-puding.jpg

Puding

Puding adalah cemilan modifikasi yang bisa dibuat dari agar-agar, jelly, atau campuran keduanya. Bahan dasar pembuatan puding adalah olahan rumput laut yang ditambah dengan susu atau santan. Anda juga bebas berekspresi dalam membuat puding. Contohnya menambahkan tepung terigu, yoghurt, karamel, buah-buahan, sayur-mayur, kacang, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari uraian singkat di atas bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara agar-agar, jelly, dan puding yang mendasar yaitu agar-agar bertekstur kenyal dan padat sedangkan jelly mempunyai tekstur yang kenyal dan lembek. Sementara itu, puding dibuat dari agar-agar/jelly yang dicampur dengan susu atau santan. Jadi puding mempunyai tekstur dan citarasa yang bervariasi.