4 Perbedaan antara Ikan Mujair Jantan dan Betina

Apakah perbedaan antara ikan mujair jantan dan betina? Ikan mujair (Oreochromis mossambicus) adalah salah satu ikan air tawar yang dibudidayakan untuk keperluan konsumsi. Ikan ini termasuk di dalam keluarga Cichlidae dengan genus Oreochromis. Habitat ikan mujair meliputi lingkungan perairan tawar hingga payau dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi.

Ikan mujair merupakan ikan bertubuh sedang dengan panjang maksimal ukurannya mencapai 40 cm. Ikan ini berbentuk pipih serta berwarna hitam, kelabu, cokelat, atau kuning. Pada bagian punggungnya terdapat duri-duri yang cukup tajam.

perbedaan-ikan-mujair-jantan-dan-betina.jpg

Ikan Mujair Jantan

Ikan mujair jantan memiliki dua buah lubang pengeluaran yang meliputi lubang anus dan lubang urine/sperma. Jika dicermati bagian ujung siripnya terdapat warna kemerah-merahan yang tampak jelas dan terang. Bagian perut ikan mujair jantan berkelir cenderung gelap dan agak kehitam-hitaman. Sedangkan bagian dagu biasanya berwarna merah kehitaman. Jika perut ditekan (striping) maka akan mengeluarkan semacam cairan.

Ikan Mujair Betina

Lubang pengeluaran yang dimiliki oleh ikan mujair betina sebanyak tiga buah meliputi lubang dubur, lubang urine, dan lubang pengeluaran telur. Bagian ujung siripnya berkelir merah pucat dan warnanya tidak terlalu jelas. Begitu pula dengan bagian perut dan dagunya cenderung berwarna keputih-putihan. Sementara itu, bila perut ikan mujair betina ditekan-tekan, maka tidak akan mengeluarkan cairan apapun.

Jadi kesimpulannya perbedaan antara ikan mujair jantan dan betina adalah sebagai berikut!

  1. Ikan mujair jantan memiliki 2 lubang pengeluaran dan ikan mujair betina mempunyai 3 lubang pengeluaran.
  2. Ujung sirip ikan mujair jantan berwarna merah terang, sedangkan ikan mujair betina berwarna merah pucat.
  3. Ikan mujair jantan memiliki perut dan dagu berkelir kehitam-hitaman, sementara ikan mujair betina berkelir keputih-putihan.
  4. Berbeda dengan ikan mujair jantan yang mengeluarkan cairan, perut ikan mujair betina yang ditekan tidak mengeluarkan apapun.