Inikah Perbedaan antara Internet dan Web?

Di dunia digital seperti sekarang, siapa sih yang tidak mengenal internet dan web? Hampir bisa dipastikan semua orang pernah menggunakannya, atau minimal mendengar istilah tersebut. Tetapi jika ditanya tentang perbedaan-perbedaan dari kedua hal ini, apakah Anda sudah mengetahuinya?

Sebenarnya antara internet dan web adalah dua hal yang jelas-jelas berbeda. Kesalahpahaman dalam mengartikan pengertian dari internet dan web merupakan penyebab utama kenapa seseorang masih rancu dalam mendefinisikannya. Hal yang sama juga terjadi bila Anda menanyakan tentang perbedaan buah dan sayuran.

perbedaan-internet-dan-web.jpg

Di bawah ini beberapa perbedaan antara internet dan web selengkapnya.

Definisi

Jaringan internet adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung dan terorganisir yang mencakup seluruh dunia. Sedangkan web/website adalah salah satu layanan yang ada di dalam internet. Web melayani penggunaan terhadap dokumen.

Wujud

Wujud internet terbentuk atas rangkaian perangkat-perangkat keras yang saling terhubung. Sementara website memiliki wujud berupa perangkat lunak. Isi web bisa diakses melalui web browser.

Dukungan

Internet mendukung beberapa protokol baik menggunakan protokol yang sudah ada maupun mendefinisikan protokol baru. Tetapi web hanya mendukung satu macam protokol saja yaitu http (hyper text transfer protocol). Protokol sendiri merupakan bahasa yang dipakai dalam melakukan transaksi data melalui internet.

Kinerja

Pada internet, server berkomunikasi secara langsung dengan client. Sedangkan pada web, server berkomunikasi dengan client melalui perantara web server. Umumnya data di dalam web berbentuk HTML (Hyper Text Markup Language).