Inilah 7 Perbedaan Obat Herbal dan Obat Kimia

Peradaban manusia sudah mengenal dunia pengobatan sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Pada awalnya, proses penyembuhan ini dilakukan melalui upacara adat dengan melibatkan kemampuan magis dan sihir. Barulah kemudian dunia pengobatan berkembang dengan memanfaatkan binatang dan tumbuh-tumbuhan untuk diolah menjadi ramuan tradisional yang mujarab.

Memasuki era modern, terciptalah dua jenis produk pengobatan yang paling populer saat ini yaitu obat herbal dan obat kimia. Secara singkat, obat herbal adalah obat yang dibuat dari bahan-bahan herbal (alami). Sedangkan obat kimia merupakan obat yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Lantas apa sih perbedaan antara obat herbal dan obat kimia? Yuk, kita cari tahu bersama-sama!

Obat Herbal

perbedaan-obat-herbal-dan-obat-kimia.jpg

Obat Herbal

Pembuatan obat herbal dilakukan secara modern dengan mengolah bahan-bahan alami dari binatang dan tumbuhan menjadi obat yang teruji klinis. Sifatnya yang organik memungkinkan obat ini dapat diterima oleh tubuh sepenuhnya dan tidak menimbulkan efek samping. Kendati pengobatan menggunakan obat herbal memakan waktu yang lama, namun obat ini mampu menyembuhkan sampai tuntas dan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh. Dengan demikian obat herbal cocok dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit, menyembuhkan, memperbaiki organ, dan menetralisir racun.

Ciri-ciri obat herbal antara lain terbuat dari rempah-rempah atau bahan alami lainnya, diproduksi tanpa penambahan bahan kimia dan bebas toksin, tidak meredakan gejala tetapi mengobati akar penyakit, tidak menimbulkan efek samping, serta reaksinya terbilang lambat namun bersifat konstruktif. Contoh-contoh obat herbal yaitu jamu dan ramuan tradisional.

Obat Kimia

perbedaan-obat-kimia-dan-obat-herbal.jpg

Obat Kimia

Obat kimia adalah obat-obatan yang komposisinya terdiri dari bahan kimia. Obat ini paling tepat digunakan untuk mengatasi penyakit yang perlu mendapatkan penanganan sesegera mungkin karena reaksinya yang cepat. Namun obat kimia biasanya lebih ditujukan untuk mengurangi gejala-gejala penyakit sehingga penderitaannya bisa diminimalisir.

Akan tetapi, obat kimia memiliki beberapa kekurangan. Misalnya obat ini bersifat destruktif atau melemahkan organ tubuh lain jika dikonsumsi terus-menerus. Penyembuhan obat kimia juga memakai metode spekulatif sehingga penyembuhan yang tidak tepat bisa mengendapkan obat dan menjadikannya sebagai racun. Pengobatan dengan obat kimia juga seringkali menimbulkan efek samping karena sifatnya yang anorganik dan murni. Baca Juga : 3 Perbedaan antara Sarana dan Prasarana

Jadi sekarang Anda sudah mengerti kan apa pengertian obat herbal dan obat kimia itu? Nah, selanjutnya mari kita cari tahu perbedaan-perbedaan dari kedua jenis obat ini!

  1. Obat herbal terbuat dari bahan herbal dan obat kimia terbuat dari bahan kimia.
  2. Obat herbal menyembuhkan sumber penyakit, sedangkan obat kimia meredakan gejala penyakit.
  3. Obat herbal aman dikonsumsi, tetapi obat kimia harus berdasarkan resep dokter.
  4. Berbeda dengan obat kimia yang menimbulkan efek samping, obat herbal sama sekali tidak.
  5. Pengobatan menggunakan obat kimia terbilang cepat, sebaliknya obat herbal relatif lambat.
  6. Obat herbal dapat memperbaiki sistem tubuh, di sisi lain obat kimia justru melemahkan organ tubuh.
  7. Obat herbal cocok sebagai terapi penyakit komplikasi, sedangkan obat kimia tepat digunakan untuk mengatasi penyakit akut.