Mbeekk! 6 Perbedaan Kambing dan Domba

Ada banyak masyarakat Indonesia yang mengaku sulit membedakan kambing dan domba. Tidak jarang kambing disebut sebagai domba, begitupun sebaliknya domba disebut sebagai kambing. Hal ini tak mengherankan sebab keduanya sama-sama termasuk di dalam keluarga Bovidae dan subfamily Caprinae. Namun, antara kambing dengan domba, keduanya memiliki perbedaan-perbedaan yang sangat mencolok lho. Apa saja ya?

Pengertian kambing berdasarkan KBBI yaitu binatang pemamah biak dan pemakan rumput (daun-daunan), berkuku genap, tanduknya bergeronggang, biasanya dipelihara sebagai hewan ternak untuk diambil daging, susu, kadang-kadang bulunya. Beberapa contoh kambing antara lain kambing angora, kambing arab, kambing benggala, kambing congek, kambing etawa, kambing gunung, kambing gurun, kambing hutan, kambing kibas, dan kambing randuk. Sedangkan definisi domba menurut KBBI adalah kambing yang berbulu tebal (bulunya dipakai bahan membuat wol). Contoh-contoh domba di antaranya domba garut, domba merino, domba salju, dan domba batur.

Kambing

perbedaan-kambing-dan-domba.jpg

Kambing (Capra hircus) merupakan hewan memamah biak yang tergolong keluarga Bovidae, upafamili Caprinae, dan genus Capra. Dalam ilmu taksonomi disebutkan bahwa kambing mempunyai 60 sel kromosom. Kambing juga memiliki dahi cembung, janggut, ekor agak ke atas, dan bulu lurus. Rata-rata tubuh kambing berukuran 1,3-1,4 meter dengan bobot mencapai 120 kg.

Domba

perbedaan-antara-kambing-dan-domba.png

Domba (Ovis aries) atau biri-biri dipelihara untuk diambil bulu, daging, dan susunya. Domba termasuk dalam subfamily Caprinae dan family Bovidae. Genus Ovis mencakup semua jenis domba, sedangkan domba domestik tergolong ke dalam spesies Ovis aries. Adapun jumlah kromosom domba adalah 54 sel kromosom.

Perbedaan-perbedaan antara kambing dan domba mencakup taksonomi, klasifikasi, ciri fisik, tingkah laku, pola makan, dan siklus birahi. Simak poin-poin selengkapnya dari Farof berikut ini.

  1. Kambing termasuk dalam genus capra dan domba berasal dari genus ovis.
  2. Jumlah kromosom kambing dan domba masing-masing sebanyak 60 dan 54 sel.
  3. Kambing berambut lurus dengan ekor agak ke atas, tetapi domba berambut keriting dengan ekor agak ke bawah.
  4. Kambing lebih cenderung memakan pucuk daun pepohonan dan, sedangkan domba lebih menyukai rerumputan pendek.
  5. Berbeda dengan kambing yang mempunyai kelenjar bau dan jenggot, domba tidak memilikinya.
  6. Kambing tidak memiliki celah bibir atas, sementara domba mempunyai celah bibir atas.