5 Perbedaan Ikan Lele Dumbo dan Sangkuriang

Apakah perbedaan ikan lele dumbo dan ikan lele sangkuriang? Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) ialah ikan air tawar yang banyak dibudidayakan untuk keperluan konsumsi. Dumbo termasuk salah satu varietas ikan unggulan yang memiliki ukuran lebih besar dan daging yang tebal. Tahukah Anda, ikan lele sangkuriang merupakan keturunan ikan lele dumbo. Tepatnya lele sangkuriang berasal dari persilangan antara indukan jantan lele dumbo F2-6 dengan indukan betina lele dumbo F2.

perbedaan-ikan-lele-dumbo-dan-sangkuriang.jpg

Jadi bisa disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan fisik yang mencolok antara ikan lele dumbo dan lele sangkuriang. Bisa saja ikan lele dumbo mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar daripada lele sangkuriang ataupun sebaliknya. Namun yang pasti kedua jenis ikan lele tersebut memiliki tingkat pertumbuhan yang berbeda.

Di bawah ini merupakan perbedaan-perbedaan antara ikan lele dumbo dan ikan lele sangkuriang, antara lain :

1. Kemampuan Memproduksi Telur

Ikan lele sangkuriang memiliki kemampuan menghasilkan telur yang lebih banyak dibandingkan ikan lele dumbo. Ikan lele dumbo hanya mampu mengeluarkan telur sebanyak 20.000-30.000 butir dalam sekali pemijahan. Bandingkan dengan ikan lele sangkuriang yang sanggup melahirkan telur dengan jumlah dua kali lipatnya sekitar 40.000-60.000 butir.

2. Derajat Penetasan Telur

Derajat penetasan yang berhasil untuk telur ikan lele dumbo dan ikan lele sangkuriang juga berlainan. Telur lele dumbo bisa menetas sampai lebih dari 80 persen dari total keseluruhan. Sedangkan penetasan telur lele sangkuriang lebih banyak lagi hingga mencapai lebih dari 90 persen.

3. Feeding Convertion Rate

Feeding convertion rate atau tingkat konversi pakan menunjukkan pakan yang dibutuhkan untuk mendapakan ikan dengan bobot tertentu. Pada ikan lele sangkuriang nilainya yaitu 0,8 sehingga untuk menghasilkan ikan dengan bobot 1 kg diperlukan pakan seberat 0,8 kg. Sementara pada ikan lele dumbo nilainya lebih dari 1 alias kebutuhan pakannya lebih boros.

4. Ketahanan Terhadap Penyakit

Ikan lele sangkuriang mempunyai ketahanan yang baik terhadap serangan bakteri pembawa penyakit seperti Trichodina sp, Aeromonas hydrophilla, dan Ichthyopthirius sp. Jadi bisa dibilang bahwa lele ini tidak mudah terserang penyakit. Lain halnya dengan ikan lele dumbo yang cenderung lebih mudah mati ketika terserang penyakit.

5. Masa Pemeliharaan

Masa pemeliharaan dihitung mulai dari saat benih ikan lele ditebarkan ke kolam sampai dengan pemanenan. Waktu pemeliharaan ikan lele dumbo lebih lama daripada lele sangkuriang. Ikan lele sangkuriang yang berumur 2 bulan biasanya sudah siap untuk dipanen. Sedangkan pemeliharaan ikan lele dumbo umumnya sekitar 3 bulan.