7 Perbedaan Android Marshmallow dan Android Lollipop

Apakah perbedaan antara android marshmallow dan android lollipop? Akhirnya android 6.0 resmi diluncurkan oleh Google pada tanggal 17 Agustus 2015. Ini merupakan versi teranyar dari sistem operasi android yang sebelumnya telah didahului oleh android 5.0 lollipop. Pada artikel perbedaan marshmallow vs lollipop kali ini, Anda akan melihat inovasi yang telah dilakukan oleh Google untuk sistem operasi gubahannya tersebut.

perbedaan-android-marshmallow.jpg

1. Perijinan Aplikasi

Akhirnya ada fitur untuk mengatur perijinan aplikasi yang terdapat di marshmallow. Ingat saat di lollipop Anda harus mengijinkan akses aplikasi terlebih dahulu sebelum Anda mengunduhnya dari Play Store. Di android marshmallow, hal semacam ini sudah tidak perlu dilakukan lagi. Sebab, Anda bisa mengijinkan atau menolak akses aplikasi secara individual melalui menu pengaturan yang tersedia. Untuk aplikasi yang sudah diberikan ijin, Anda pun dapat menghapus ijin tersebut kembali.

2. Ketahanan Baterai

Masih ingat proyek Lollipop's Project Volta yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan baterai smartphone? Yap, android marshmallow telah dipersenjatai fitur hari dari proyek tersebut yang diberi nama doze. Doze berkerja dengan memanfaatkan device motion sensor untuk mendeteksi apakah suatu ponsel sedang digunakan atau tidak. Selanjutnya fitur ini akan mengirimkan data sehingga ponsel yang sedang tidak dipakai akan berada di bawah mode standby. Beberapa percobaan mengungkapkan bahwa daya tahan baterai akan meningkat dua kali lipat dengan adanya fitur ini.

3. Google Now

Google Now juga menjadi revolusi minor dari sistem operasi android versi marshmallow. Sekarang, dengan hanya menahan tombol home maka Google Now akan men-scan apapun yang ada di layar entah itu halaman web, aplikasi, dan informasi lainnya. Sebagai contoh, jika seseorang mengirimkan pemberitahuan ke Anda tentang sebuah restoran, maka Google Now secara otomatis bakal menampilkan peta dan reviewnya. Meski untuk sebagian pengguna android fasilitas ini tidak begitu penting, namun untuk user dengan mobilitas yang tinggi tentu perbaikan Google Now kali ini akan sangat membantu.

4. Sensor Jari

Melalui android marshmallow, Google pun menciptakan suatu standar untuk sensor jari. Perlu diketahui, di versi android sebelumnya, masing-masing manufaktur smartphone mengembangkan sendiri sensor jari yang akan digunakan di produknya. Oleh karena itu, inovasi ini termasuk perubahan baru yang cukup besar.

5. Android Pay

Android Pay ialah metode pembayaran yang aman untuk transaksi lewat mobile. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu memasukkan informasi kartu kredit yang sebenarnya. Melainkan Anda akan mendapatkan nomor virtual yang bisa dipakai untuk sejumlah transaksi pembayaran. Ini berarti informasi Anda tetap terlindungi dengan baik.

6. USB Type-C

Perbaikan yang keenam ini memang lebih mengarah pada hardware ketimbang software. Namun USB Type-C ini merupakan standar baru untuk android marshmallow. Kelebihan dari USB ini, Anda bisa menggunakan fitur saling berbagi daya. Jadi suatu ponsel bisa mengisi baterai ponsel lainnya yang sudah kompatibel.

7. Perbaikan Minor

Poin-poin di atas merupakan perbaikan mayor android marshmallow dibandingkan android lollipop. Sedangkan untuk perbaikan minor-nya meliputi app drawer yang memudahkan dalam pencarian aplikasi, RAM manager yang menginformasikan tentang penggunaan rata-rata dan maksimal RAM. Dengan marshmallow, Anda juga bisa mengubah SD card menjadi memori internal.